PELATIHAN ADMINISTRASI KEUANGAN DAN TATA PERSURATAN ORMAWA FIS TAHUN 2022

Bagian Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial UM hari ini telah menyelenggarakan Pelatihan Administrasi Keuangan dan tata persuratan bagi ormawa FIS menghadirkan pemateri Arif Wicaksono , S.T, M.M. dan Wahyu Rio Defandiari , S.Pd yang menyampaikan materi dan studi kasus pemasalahan administrasi keuangan dan persuratan yang sering dialami oleh Ormawa FIS UM.

acara dibuka oleh Dr. I Nyoman Ruja, SU selaku wakil dekan III Fakultas Ilmu Sosial, beliau menyampaikan bahwa dengan berubahnya status Universitas Negeri Malang dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) maka akan berubah juga semua proses administrasi keuangan dan persuratan lembaga.

pada sesi pertama pemateri Arif Wicaksono , S.T, M.M. memaparkan bahwa Manajemen keuangan yang akuntabel dan transparan adalah hal yang mutlak bagi organisasi. Prinsip akuntabel menuntut pengelolaan keuangan harus terukur dan mampu dipertanggungjawabkan dengan baik kepada stackholder. Prinsip transparan mengharuskan organisasi untuk terbuka dalam mengatur keuangan, dari mana sumber keuangan dan untuk apa anggaran itu dipergunakan. Dari sinilah profesionalitas dan kesehatan  organisasi bisa diukur, sejauh mana organisasi mampu mengelola keuangan dengan baik, terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan.

pada sesi kedua tujuan kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan Ormawa di bidang persuratan khususnya surat dinas. Acara dibagi menjadi dua agenda, sesi penyajian materi dan sesi tanya jawab. Pada sesi pertama Wahyu rio Defandiari, S.Pd menjelaskan tentang tata naskah surat dinas. Pada tata naskah surat dinas yang beredar di lingkungan UNJ, kekeliruan kerap kali dijumpai baik dari segi format, penulisan, bahkan prosedur dan mekanisme. Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi dan diseminasi aturan-aturan yang berkaitan dengan tata persuratan.

Tags: No tags

Comments are closed.