Webinar Bela Negara Bagi Mahasiswa Angkatan 2022 Dengan Tema “Wawasan Nusantara dan Pemuda Menghadapi Tantangan Zaman”

Pada tanggal 2 Oktober 2022 Fakultas Ilmu Sosial bidang kemahasiswaan telah menyelenggarakan kegiatan Webinar Bela Negara dengan tema yang menarik yaitu Wawasan Nusantara dan Pemuda Menghadapi Tantangan Zaman, selaku pemateri pada kegiatan ini adalah Letkol. Inf. Abdul Rahman, M.Si DANRINDAM V/ BRAWIJAYA.

Pemateri menyampaikan bahwasannya wawasan nusantara merupakan cara pandang bangsa terhadap diri dan lingkungannya dengan tujuan menjaga kesatuan dan persatuan, serta keutuhan bangsa Indonesia. Dengan adanya pemahaman akan Wawasan Nusantara, bangsa Indonesia akan menjadi kuat dan semakin diakui oleh dunia, serta mampu menghadapi ancaman dari luar. Maka dari itu, penting bagi masyarakatnya untuk memahami Wawasan Nusantara, terutama bagi mahasiswa.

Dampak masuknya budaya asing :
Individualistis
terjadinya sikap mementingkan diri sendiri yg berakibat kurang peduli terhadap lingkungan sekitar (apatis)
Materialistis
sikap mementingkan dan mengukur segala sesuatu berdasarkan materi karena hubungan sosial dijalin berdasarkan kesamaan kekayaan, kedudukan sosial atau jabatan
Sekulerisme
mementingkan kehidupan duniawi dan mengabaikan nilai-nilai agama
Hedonisme
timbulnya sikap bergaya hidup mewah dan boros karena status seseorang di dalam masyarakat diukur berdasarkan kekayaannya
Pornografi
tersebarnya nilai-nilai budaya yang melanggar nilai-nilai kesopanan dan budaya bangsa melalui media massa
Free Sex
perilaku sex bebas dengan tidak melihat umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa

Cara mengantisipasi dampak buruk budaya asing masuk kedalam budaya lokal di Indonesia, terkhusus mengantisipasi generasi muda,untuk mencegah dampak buruk ini diperlukan Keikut sertaan dari berbagai kalangan terpenting dukungan dari kepemerintahan, dan dari lingkungan sekitar kita misalnya ustad, selain itu seorang yang memiliki wawasan luas tentang kebudayaan dan yang paling penting orang tuanya.

berikut daftar mahasiswa penanya terbaik menurut moderator:
Putri Wulandari Sugiarti NIM. 220711605487
Ahmad Fikri NIM. 220722608985
Sheiren Kieke Nirwana NIM. 220721603632
Khoyrul Bariyah NIM. 220741609603
Nuril Yanabillah Winirayanto NIM. 220722601739

Silahkan Download Sertifikat Peserta: Klik di sini

Tags: No tags

Comments are closed.