Universitas Negeri Malang, 20 Maret 2023 – Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang hari ini menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Mentoring yang dilaksanakan di Aula HOS Cokroaminoto. Kegiatan dipandu langsung oleh Wakil Dekan 1 bidang Akademik, Dr. Siti Awaliyah, S.Pd.,M.Hum. Program mentoring merupakan program UM yang dikoordinir langsung oleh LPPP UM. Monitoring dilaksanakan fakultas setelah mahasiswa melaksanakan kegiatan mentoring dengan dosen pengampu matakuliah yang telah ditentukan oleh program studi masing-masing. Mahasiswa menyampaikan pengalamannya selama menjadi mentor, menyampaikan kelbihan dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk pengembangan program mentoring selanjutnya. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Mentoring dihadiri oleh mahasiswa yang mengikuti program mentoring dari beberapa jurusan di Fakultas Ilmu Sosial, seperti departemen Hukum dan Kewarganegaraan, departemen Geografi, departemen Sejarah, departemen Sosiologi, dan program studi Pendidikan IPS. Kegiatan juga dihadiri ketua, sekretaris, kepala laboratorium departemen/prodi.

Foto bersama mahasiswa program mentoring, Wakil Dekan I FIS, dan pimpinan departemen/prodi

Dalam kegiatan ini, Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang memimpin jalannya kegiatan. Berbagai aspek yang menjadi fokus program mentoring, seperti pengembangan kemampuan akademik, sosial, dan keterampilan mahasiswa, dievaluasi dan dipantau dengan seksama. Selain itu, dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Mentoring ini, diadakan juga diskusi dan tanya jawab antara mahasiswa yang mengikuti program mentoring dengan dosen dan tim pengajar terkait. Diskusi tersebut sangat penting untuk memperjelas berbagai masalah dan hambatan yang muncul selama program mentoring berlangsung. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan masukan dan saran bagi program mentoring berikutnya. Hal ini menjadi wadah yang baik untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mahasiswa sehingga program mentoring yang akan datang dapat lebih relevan dan bermanfaat bagi mahasiswa.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program mentoring FIS UM

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Mentoring ini merupakan bukti nyata komitmen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan memperhatikan kebutuhan mahasiswa. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi fakultas-fakultas lainnya di Universitas Negeri Malang maupun universitas lainnya untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas program mentoring dan pendidikan yang mereka berikan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat memberikan banyak masukan bagi program mentoring yang akan dilaksanakan berikutnya. Diharapkan program mentoring yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dapat terus meningkatkan kualitas dan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa yang mengikutinya. (Alik)