Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Analisis Terhadap Makna Simbolik Identitas Nasional Berbasis Cyber. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

| Januari 25, 2011 | 0 Comments
Fahmi Insan Alkhakim

Analisis Terhadap Makna Simbolik Identitas Nasional Berbasis Cyber. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
ABSTRAK
FAHMI INSAN ALKHAKIM 2010. Analisis Terhadap Makna Simbolik Identitas Nasional Berbasis Cyber. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Moch. Yudhi B, S.H, M.Si., (II) Drs. Kt. Diara Astawa, S.H, M.Si.

Kata Kunci: makna simbolik, identitas nasional, basis cyber.
Dunia maya atau cyber merupakan gudang untuk memperoleh informasi secara luas dan tidak terbatas. Perkembangan internet yang begitu pesat, membawa dampak yang begitu besar dalam menggali informasi. Selain hanya untuk sekedar download, internet juga sangat bermanfaat untuk menemukan berbagai macam sumber seperti tentang isu yang berkembang pada saat ini. Karena hanya dalam hitungan detik, semua informasi dapat diperoleh dengan update.

Identitas nasional adalah sebuah ciri khas dari bangsa yang menunjukkan sebagai jati diri dan membedakan dengan bangsa lain. Unsur pembentuk identitas nasional meliputi suku bangsa, agama, bahasa dan kebudayaan. Identitas nasional terbentuk karena perasaan sebangsa dan setanah air yang berkaitan erat dengan semangat kebangsaan dan rasa cinta tanah air.

Makna simbolik identitas nasional adalah makna yang melukiskan dan menjabarkan kecintaan terhadap identitas nasional Indonesia yang meliputi lambang negara, bendera negara, lagu kebangsaan, bahasa dan mata uang. Nilai simbolik identitas nasional adalah nilai yang menggambarkan nilai religi, nilai moralitas dan nilai estetika yang terdapat dalam identitas nasional Indonesia.

Kajian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan atau library research, dalam hal ini informasi yang diperoleh bersumber dari internet. Dokumen yang diperoleh adalah dalam bentuk artikel, yang didalamnya dilengkapi dengan gambar. Penyampaian metode yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam metode studi kepustakaan ini adalah pendekatan heuristic, pendekatan analisis dan pendekatan sintesis. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis dokumen, metode analisis isi dan metode analisis semiotik simbol.

Hasil kajian ini dapat disimpulkan bahwa pertama, makna simbolik yang tersaji dalam identitas nasional Indonesia merumuskan berbagai macam hal yang mewakili nilai-nilai tertentu. Kedua, sumber data yang diperoleh untuk mengetahui tentang makna simbolik identitas nasional Indonesia tidak hanya terdapat di buku, namun juga dapat diperoleh dengan cara mengakses pada media internet

unduh dokumen:
DOC| PDF| PPT| PS

Category: Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan 2010

About the Author ()

Leave a Reply