CakrawalaEduExpo

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

"Elaborasi Nilai Sosial Budaya Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Berkarakter
Dan Inovasi Yang Berwawasan Kebangsaan"

Talkshow

Days
Hours
Minutes
Seconds

Video Profil Fakultas Ilmu Sosial

Fakultas ilmu sosial berdiri pada tanggal 17 Agustus 2009 berdasarkan SK Rektor Universitas Negeri Malang Nomor No. 047/KEP/H32/OT/2009, sampai dengan saat ini Fakultas Ilmu Sosial mengelola 4 Jurusan yaitu Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Jurusan Geografi, Jurusan Sejarah dan Jurusan Sosiologi. Dari 4 jurusan tersebut, terdapat 7 Program Studi yaitu Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Program Studi S1 Geografi, Program S1 Pendidikan Sejarah, Program Studi S1 Ilmu Sejarah, Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi dan Program S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Join to our exibition

Talkshow

OPENING EDUEXPO FIS 2021

Sambutan Dekan dan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

IKUTI TALKSHOW 13.00 WIB | 18 Oktober 2021

GEO LABORATORIES and SERVICE

Jurusan Geografi

LINK PODCAST 14.00 WIB | 18 Oktober 2021

BATIK AS NATIONAL IDENTITY

Jurusan Sejarah

IKUTI TALKSHOW 08.00 WIB | 19 Oktober 2021

MACAPAT

Jurusan HKn

IKUTI TALKSHOW 09.00 WIB | 19 Oktober 2021

LEARNING INOVATION

Prodi IPS

IKUTI TALKSHOW 13.00 WIB | 19 Oktober 2021

SOCIAL LAB DEVELOPMENT

Jurusan Sosiologi

IKUTI TALKSHOW 14.00 WIB | 19 Oktober 2021

Brosur, Poster, Katalog Fakultas

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Cakrawala Eduexpo

Cakrawala eduexpo merupakan kegiatan dalam Diesnatalis yang merupakan pengembangan dari pameran Pendidikan yang rutin diadakan saat gelaran diesnatalis Universitas Negeri Malang

0001

Please wait while flipbook is loading. For more related info, FAQs and issues please refer to DearFlip WordPress Flipbook Plugin Help documentation.

Karya inovasi Dosen

Edit
hkn fis 1

BUDAYA LOKAL DAN HEGEMONI NEGARA

Suparlan Al Hakim

Edit
BUDAYA LOKAL DAN HEGEMONI NEGARA

“Gebrakan Baru” seni budaya lokal macapat pada tahun 1986, ditengarai menjadi indikator adanya praktek hegemoni Negara. Menariknya, fenomena social budaya yang muncul di era pemerintahan orde baru itu memiliki muatan politik karena waktunya bersamaan dengan penggalakan sosialisasi TAP MPR Nomor II/MPR/178 tentnag “Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P-4)”. Fenomena itu boleh jadi mengundang sebuat ‘prediksi’ tentang praktik hegemoni Negara orde baru terhadap seluruh potensi budaya lokal yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat. Sebuah perjuangan Negara dalam menempatkan posisinya di atas warga Negaranya melalui kepemipinan politik, kultural, ideologis dan moral serta intelektual.

Nama    : –

Kontak Person : –

hkn fis 2

BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Surya Desismansyah

Edit
BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA

Buku Pendidikan Pancasila ini dimaksudkan sebagai salah satu bahan ajar dalam  proses pembelajaran Pancasila di Perguruan Tinggi dengan subtansi dan sajian yang kontekstual, disesuaikan dengan suasana dan masalah kekinian.

Nama : Surya Desismansyah

Nomor tlp: 081326648523

Email : Surya.putra.fis@um.ac.id

hkn fis 3

HAK ASASI MANUSIA

Nuruddin Hady

Edit
HAK ASASI MANUSIA

Buku ini menjelaskan istilah, pengertian, materi muatan dan sejarah perkembangan hak asasi manusia. HAM tidak hanya diulas dalam perspektif Barat, melainkan juga dalam perspektif agama, gagasan para pendiri bangsa tentang hak asasi manusia melalui perdebatan yang muncul pada sidang BPUPK. Ulasan hak asasi manusia dalam konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia, mulai dari UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS1950, serta HAM dalam UUD NRI Tahun 1945 pasca perubahan, serta pengadilan HAM di Indonesia.

Nama : Nuruddin Hady

Nomor tlp: 08179622090

Email : nuruddin.hady.fis@um.ac.id

hkn fis 4

KAPABILITAS KEWARGANEGARAAN DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF

Suparlan Al Hakim, Margono

Edit
KAPABILITAS KEWARGANEGARAAN DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF

Buku ini terdiri dari 3 bagian pembahasan. Bagian pertama berisi tentang konstruk nilai karakter unggul serat wedhatama sebagai energy transformasi kapabilitas warga Negara dalam konteks NKRI. Bagian kedua membahas realitas kapabilitas kewarganegaraan dalam perspektif gender, aktivis, dan spesialisasi keilmual. Bagian ketiga mendeskripsikan kemampuan mengelola projek kewarganegaraan.

Nama : Hanafi

 Nomor tlp: 083848114883 

hkn fis 5

KARAKTER UNGGUL SERAT WEDHATAMA

DESINTA

Edit
KARAKTER UNGGUL SERAT WEDHATAMA

Buku ini menggali nilai-nilai karakter unggul yang terkandung dalam Serat Wudhatama untuk keperluan membangun energi transformasi kapabilitas kewarganegaraan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan analisis konten terhadap materi Serat Wedhatama yang dipandu dengan analisis hermeneutika dan semiotika ini maka nilai-nilai karakter unggul Serat Wedhatama mampu memberikan energi dan penguatan dalam transformasi kapabilitas kewarganegaraan dalam konteks NKRI.

Nama : Desinta

Nomor tlp: 085649322404

Email : desinta.fis@um.ac.id

hkn fis 6

KOLABORASI TRIPUSAT PENDIDIKAN

Sri Untari

Edit
KOLABORASI TRIPUSAT PENDIDIKAN

Buku ini disusun berdasarkan beberapa hasil penelitian, kajian literatur, dan diskusi ilmiah dengan para ahli tentang Kolaborasi Tripusat Pendidikan. Pada proses pembudayaan nilai-nilai Pancasila, kehadiran buku ini bisa menjadi model atau rujukan untuk kajian ilmiah dalam mengembangkan penelitian serupa dan panduan dalam kegiatan pembudayaan Pancasila. Secara singkat karya ini berupaya untuk membawa pembaca agar penataan budaya sekolah berbasis pembudayaan nilai Pancasila dapat tercapai dengan baik.

Nama : Sri Untari

Nomor tlp: 08123253114

Email: sri.untari.fis@um.ac.id

hkn fis 7

MOZAIK FILSAFAT

Surya Desismansyah

Edit
MOZAIK FILSAFAT

Buku ini dikemas dengan penawaran konsep sejarah konseptual dari berbagai periode perkembangan ilmu pengetahuan, namun pembaca seolah diberi kebebasan untuk menentukan jalan pemikiran tokoh yang diulas, apakah menjadikan pemikiran tersebut sebagai jalan hidup ataupun jalan pikiran. Ulasan pemikir asli Indonesia dalam buku ini pun bias jadi sebagai sintesis antara blok Eropa dan Oriental yang terkesan rigid. Format dialog dalam buku ini adalah kunci integrasi antarsesama penulis demi menawarkan sudut berbeda dari masing-masing tokoh yang diulas. Ide konsep pemikir yang diulas adalah lantai, dan dialog tersebut adalah tangga. Setiap anak tangga yang dijejaki akan mengantarkan pada kondisi berbeda, kadang pembaca

Nama : Surya Desismansyah

Nomor tlp: 081326648523

Email : Surya.putra.fis@um.ac.id

hkn fis 8

NEGARA KESATUAN

Nuruddin Hady

Edit
NEGARA KESATUAN

Buku ini menghadirkan analisis filosifis dari para pendiri Negara dalam menjadikan Indoensia sebagai Negara Kesatuan. Buku ini selain dilengkapi pandangan para founding father yang terekam secara lengkap dalam risalah sidang, juga memaparkan konstruksi Negara kesatuan pasca perubahan UUD 1945. Buku ini juga memmaparkan perbandingan susunan Negara di beberapa Negara dunia.

Nama : Nuruddin Hady

Nomor tlp: 08179622090

Email : nuruddin.hady.fis@um.ac.id

hkn fis 9

PEMBAGIAN KEKUASAAN ANTAR LEMBAGA-LEMBAGA BANGSA

A. Rosyid Al Atok

Edit
PEMBAGIAN KEKUASAAN ANTAR LEMBAGA-LEMBAGA NEGARA

Buku ini memberikan pemahaman terhadap subtansi dari perubahan UUD 1945 dan implikasi yang ditimbulkannya terhadap pembagian kekuasaan antar lembaga-lembaga Negara bagi masyarakat umum dan akademisi.

Nama : A. Rosyid Al Atok

Nomor tlp: 0812331531

Email : a.rosyid.fis@um.ac.id

hkn fis 10

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Sri Untari

Edit
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

Buku ini dihadirkan sebagai role-model dalam pembelajaran multicultural dengan strategi pembelajaran inovatif sesuai dengan konteks dan pluralitas masyarakat Indonesia. Disebut sebagai role-model karena disusun dari hasil kajian teoritik sekaligus empiric.

Nama : Sri Untari

Nomor tlp: 08123253114

Email: sri.untari.fis@um.ac.id

hkn fis 11

PENGUATAN KOMISI YUDISIAL

Nuruddin Hady

Edit
PENGUATAN KOMISI YUDISIAL

Buku ini mendeskripsikan tentang implementasi kewenangan Komisi Yudisial. Terdisi dari tiga bab yang meliputi: gagasan reformasi peradilan di Indonesia, Komisi Yudisial di beberapa Negara, dan Komisi Yudisial di Indonesia: implementasi, kendala dan hambatan dan model strategi Komisi Yudisial dalam menjalankan pengawasan terhadap etika dan perilaku hakim selama ini. Buku ini jug aberisi rekomendasi penguatan dan perluasan kewenangan Komisi Yudisial.

Nama : Nuruddin Hady

Nomor tlp: 08179622090

Email : nuruddin.hady.fis@um.ac.id

hkn fis 12

PENGANTAR ILMU HUKUM

Suko Wiyono

Edit
PENGANTAR ILMU HUKUM

Buku ini berisi penjelasan mengenai pengertian ilmu hukum, kaidah-kaidah hukum dalam masyarakat, pengertian dan tujuan hukum, sumber-sumber hukum, asas-asas hukum dan sistem hukum, serta madzab ilmu hukum.

Nama : Suko Wiyono

Nomor tlp: 081334370917

Email : sukowiyono.fis@um.ac.id

hkn fis 13

TEORI KONSTITUSI DAN NEGARA DEMOKRASI

Nuruddin Hady

Edit
TEORI KONSPIRASI DAN NEGARA DEMOKRASI

Buku ini secara spesifik mendiskusikan beberapa aspek penting mencakup teori konstitusi dan juga menggambarkan tentang pendekatan lain yaitu constitutional science, politic legal science.

Nama : Nuruddin Hady

Nomor tlp: 08179622090

Email : nuruddin.hady.fis@um.ac.id

hkn fis 14

MADANI CITIZINE

Rista Ayu Mawarti

Edit
MADANI CITIZINE

“Madani Citizine” merupakan sebuah inovasi pembelajaran untuk mewujudkan warga Negara digital yang Pancasilais. Ini berupa aplikasi yang dapat mengoptimalisasi proses pembelajaran matakuliah berbasis proyek social atau kewarganegaraan yang sesuai dengan kurikulum berbasis kehidupan.

Nama : Rista Ayu Mawarti

Nomor tlp: 08563600370

Email : rista.ayu.fis@um.ac.id

hkn fis 15

HUKUM ADMINISTRASI NEGARA BERBASIS KEHIDUPAN

Desinta Dwi Rapita

Edit
HUKUM ADMINISTRASI NEGRA BERBASIS KEHIDUPAN

Ini merupakan hasil karya inovasi pembelajaran berupa Modul Hukum Administrasi Negara berbasis Kehidupan. Modul ini  menawarkan model pembelajaran berupa Discussion Partner Project berbasis kehidupan sehingga pembelajaran Hukum Administrasi Negara akan lebih menarik dan mudah dipahami.

Nama : Desinta Dwi Rapita

Nomor tlp: 085649322404

Email : desinta.fis@um.ac.id

Edit
1

Jeli Mengenal Penduduk Menuju perencanaan pembangunan indonesia

Kusuma Dewi / Alfyananda AKP

Edit
JELI MENGENAL PENDUDUK MENUJU PERENCANAAN PEMBANGUNAN INDONESIA

Bahan Ajar digital berjudul Jeli mengenal penduduk menuju perencanaan pembangunan indonesia. Bahan ajar ini meggunakan pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematic) serta divisualisasi dengan 3D flip page yang sesuai u tuk bahan ajar abad 21

Nama : Kusuma Dewi / Alfyananda AKP

Nomor tlp: 085755900028

2

MOBILITAS DAN KETENAGAKERJAAN

Edwin BudiP/ Alfyananda AKP

Edit
MOBILITAS DAN KETENAGAKERJAAN

Bahan Ajar digital berjudul Mobilitas dan Ketenagakerjaan Era digital 3D flip page. Bahan ajar ini meggunakan pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematic) serta divisualisasi dengan 3D flip page yang sesuai untuk bahan ajar abad 21

Nama : Edwin BudiP/ Alfyananda AKP

Nomor tlp: 085755900028

3

KUALITAS PENDUDUK DAN INDEKS PEMBANGUNAN MASYARAKAT INDONESIA MENUJU BONUS DEMOGRAFI

Tuisda Pratisia.,n / Alfyananda AKP

Edit
KUALITAS PENDUDUK DAN INDEKS PEMBANGUNAN MASYARAKAT INDONESIA MENUJU BONUS DEMOGRAFI

Bahan Ajar digital berjudul Kualitas Penduduk dan indeks Pembangunan Masyarakat Indonesia Menuju Bonus Demografi. Bahan ajar ini meggunakan pendekatan STEM (science, technology, engineering and mathematic) serta divisualisasi dengan 3D flip page yang sesuai untuk bahan ajar abad 21

Nama : Tuisda Pratisia.,n / Alfyananda AKP

Nomor tlp: 085755900028

4

PELAJAR LAWAN BANJIR

Tuisda Pratisia / Alfyananda

Edit
PELAJAR LAWAN BANJIR

Bahan Ajar berupa komik digital tentang materi bencana banjir, mitigasi dan penanganan pasca banjir

Nama : Tuisda Pratisia / Alfyananda

Nomor tlp: 085755900028

5

MEMBANGUN METODE IDENTIFIKASI LONGSOR

Heni masruroh

Edit
MEMBANGUN METODE IDENTIFIKASI LONGSOR BERDASARKAN INTERPRESTASI FOTO UDARA FORMAT KECIL DI DAS BOMPON MAGELANG

Metode identifikasi longsor berdsaarkan interpretasi foto udara format kecil di DAS BOMPON, Magelang, Jawa Tengah

6

CARA PRAKTIS BELAJAR MENTAL MAPPING

Nailul insani

Edit
CARA PRAKTIS BELAJAR MENTAL MAPPING

Buku pedoman pembelajaran mental mapping pada anak usia dini dengan judul Cara praktis belajar mental mapping : sebuah pedoman pembelajaran mental mapping bagi anak

Nama : Nailul insani

Nomor tlp: 081234761600

Email : Nailul.insani.fis@um.ac.id

Edit
1

CANDI ABANG

Deny Yudo Wahyudi , S.Pd, M.Hum

Edit
CANDI ABANG

Buku ini merupakan narasi hasil kajian terhadap candi abang : bentuknya secara hipotetik, fungsi dan kaitannya dengan kepurbakalaan sezaman di sekitarnya. Hal menarik yang dapat disimpulkan dalam buku ini adalah perihal fungsi candi abang dalam masyarakat jawa kuno abad ke 8-10 m ditengah konflik perebutan kekuasaan. Candi abang agaknya menjadi saksi bisu persaingan kuasa para raja yang beragama hindu dan buddha, hingga akhirnya ditinggalkan dan tidak difungsikan lagi setelah ibu kota kerajaan berkembang di jawa bagian timur

 

Nama    : DENY YUDO WAHYUDI

Kontak Person : +62 819-4485-8400

deny.yudo.fis@um.ac.id

 

SEJARAH FIS

DARI AJHING HINGGA KETOPRAK

Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Edit
DARI AJHING HINGGA KETOPRAK

Buku ini membahas perjalanan historis sejarah sumenep tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan lokal yang menyertainya, dalam hal ini, fokus penelitian buku ini terletak pada kajian budaya lokal sumenep, khususnya sejarah kesenian ludruk atau ketoprak di ujung timur madura.

Nama    : Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Kontak Person : +62 818-386-845

joko.sayono.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 1

GERILYA REPUBLIK DI KOTA PROBOLINGGO 1947 -1949

Dr. Ari Sapto , M.Hum

Edit
GERILYA REPUBLIK DI KOTA PROGOLINGGO 1947-1949

Di jawa timur, agresi militer belanda i berhasil gemilang, sama dengan disemua medan operasinya. Akan tetapi, kemenangan tempur belanda yang begitu menghancurkan itu justru menambahkan kesadaran baru bagi siasat perjuangan tni konsep pertempuran gerilya adalah jawaban yang harus segera dilaksanakan front tidak lagi terpaku pada garis depan dan belakang. Dalam gerilya tidak ada kata "maju" atau mundur". Karena semuanya menjadi garis depan. Semuanya adalah front selain itu, semangat dan keberanian tempur harus juga dikalkulasikan dengan
risiko yang bakal dihadapi, baik bagi prajurit tni maupun bagi desa-desa atau wilayah yang menjadi penyangga dan secara langsung dapat merasakan ekses dari diadakannya gerilya. Sebab, kehilangan kepercayaan dari rakyat berarti sama seperti anak yang kehilangan induknya. Tni bisa kehilangan segala-galanya. Untuk melawan strategi penghancuran (annihilation strategy) yang dianut belanda, tni menggunakan strategi penjemuan (attritation strategy). Bagi belanda, strategi perang terutama ditujukan pada penghancuran angkatan
perang republik. Mereka meyakini bahwa dengan hancurnya tni maka
maksud dan tujuan politik dapat lebih mudah dicapai, kemudian baru tujuan ekonomi dapat pula dicapai. Di probolinggo, seperti juga di daerah-daerah lain, keberpihakan rakyat umum kepada republik adalah modal dasar yang paling penting. Namun, soal keberpihakan ini adalah perkara yang juga hendak diperebutkan oleh belanda. Dan, untuk belanda, sesudah kota probolinggo berhasil diduduki melalui agresi militer belanda 1 tanggal 21 juli 1947. Sikap rakyat sudah tidak bersahabat.

Nama    : Dr. Ari Sapto , M.Hum

Kontak Person : +62 813-3204-9191

ari.sapto.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 2

MAKNA LUKISAN DINDING GUA

Dr. Blasius Suprapta, M.Hum

Edit
MAKNA LUKISAN DINDING GUA

Buku ini membahas tentang makna lukisan dinding gua yang tersebar di gua gua karts pangkajene-kepulauan yang dalam beberapa laporan penelitian dikenal dengan lukisan dinding gua daerah pangkep. Penelitian ini menggungkap makna lukisan dinding gua dengan menggunakan pendekatan semiotik yaitu system trikotomi charles s. Peirce di indonesia belum banyak dilakukan. Sehubungan dengan hal itu, diharapkan buku ini dapat memenuhi kepentingan beberapa pihak terutama untuk mengetahui, memahami dan dipakai acuan model penelitian untuk mengungkap makna kebudayaan material dari berbagai kehidupan tradisi mesolitik masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut

 

Nama    : Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Kontak Person : +62 813-3450-2032

blasius.suprapta.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 3

Judul Karya Dosen

Nama Dosen

Edit
Judul Produk

Buku ini menyajikan perspektif multidisipliner dan transdisipliner dalam historiografi. Kumpulan tulisan yang termuat dalam setiap bagian (1 sampai 6) merupakan hasil penelitian yang yang berangkat dari permasalahan dan perspektif masing-masing penulis. Mulai dari perspektif ilmu ekonomi, sosial kesehatan, lingkungan, geografis tehnologi dan kesenian.

Nama    : Ronal Ridhoi , S.Hum, M.A

Kontak Person : +62 896-7636-1615

ronal.ridhoi.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 4

MUSEUM PEMBELAJARAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Edit
MUSEUM PEMBELAJARAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sebagaimana telah dicanangkan oleh rektor universitas negeri malang (um), yaitu prof. Dr. H. Suparno bahwa um sebagai lptk tertua di indonesia bagian timur maka untuk mengetahui sejarah perjalanan um sejak berdirinya, yaitu ptpg malang (1954) hingga menjadi um (1999) sebagai pusat pembelajaran, maka dirasa perlu dan penting mendirikan museum universitas, yaitu museum pembelajaran um yang berbasis pada museum pembelajaran. Tujuan jangka panjang adalah mengetengahkan tentang jejak-jejak penelitian, pengajaran, serta pengabdian kepada masyarakat yang telah dicapai um sebagai salah satu perguruan tinggi unggulan di indonesia bagian timur, khususnya dalam pengembangan inovasi pembelajaran. Buku “museum pembelajaran universitas negeri malang” ini merupakan buah dari penelitian bertajuk tata pamer museum universitas negeri malang yang berbasis pada museum universitas yang memfokuskan pada tata pamer museum pembelajaran. Penelitian ini mencakup tentang tata pamer museum universitas negeri malang yang mengacu pada story land museum, yang mencakup materi koleksi sejarah um sejak berdirinya hingga sekarang, materi koleksi rektor um yang pernah memimpin um, tata pamer inovasi pembelajaran, tata pamer kurikulum um kini dan masa yang akan datang.

Nama    : Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Kontak Person : +62 813-3450-2032

blasius.suprapta.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 5

NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RELIEF CERITA TANTRI

Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Edit
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RELIEF CERITA TANTRI

Arkelologi berguna untuk mengungkapkan kehidupan pada masa lampau. Akan tetapi tugas para arkelolog bukan hanya untuk mengungkap tanda-tanda kehidupan manusia saja, tetapi juga merefleksikan beberapa karakter dalam tinggalan masyarakat itu sendiri. Beberapa candi yang terletak di prambanan bukan hanya berfungsi sebgai kuil saja di masa lampai tetapi juga menunjukkan sikap toleransi dalam masyarakat. Dengan menggunakan logika serupa, peneliti berusaha mendekati data arkeologi lebih mendalam dengan analisis semiotika dan analisis struktural. Peneliti bukan hanya mendeskripsikan suatu relief, tetapi juga membuat struktur yang menyangkut struktur sintagmatik- paradigmatik .oleh karena itu, khlayak akan melihat berbagai transformasi dalam data arkeologis yakni relief binatang dalam lima bangunan candi dari masa yang berbeda.

Nama    : Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Kontak Person : +62 813-3450-2032

blasius.suprapta.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 6

PROFIL WISATA MALANG RAYA

Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Edit
PROFIL WISATA MALANG RAYA

Kandungan buku ini pada hakikatnya menggenggam tekat untuk memperkuat riset mengenai kepariwisataan di wilayah malang raya yang mencakup kota malang, kabupaten malang dan kota batu. Pusat pengkajian sosial humaniora dan pariwisata mencoba untuk menyajikan database berbasis keruangan sebaran dan ragam potensi wisata.

Nama    : Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Kontak Person : +62 818-386-845

joko.sayono.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 7

REPUBLIK DALAM PUSARAN ELITE SIPIL DAN MILITER

Dr. Ari Sapto , M.Hum

Edit
REPUBLIK DALAM PUSARAN ELITE SIPIL DAN MILITER

Buku ini membahas masa awal revolusi, visi bagaimana berlangsunya indonesia merupakan proses yang masih tampak samar-samar. Dijawa timur terdapat tiga faktor yang melatarbelakangi kerjasama dan persaingan elite yaitu faktor kepentingan, ideologi dan cara pandang dalam melihat persoalan.

Nama    : Dr. Ari Sapto , M.Hum

Kontak Person : +62 813-3204-9191

ari.sapto.fis@um.ac.id

SEJARAH FIS 8

PANDEMI COVID-19 DAN TRANSFORMASI SOSIAL

Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Edit
PANDEMI COVID-19 DAN TRANSFORMASI SOSIAL

Buku ini menelaah secara kritis dampak pandemi covid-19 dalam arus perubahan dan tranformasi sosial

Nama    : Dr. Joko Sayono , M.Pd, M.Hum

Kontak Person : +62 818-386-845

joko.sayono.fis@um.ac.id

11

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRASTASTI PALAH 1119

Dr. Blasius Suprapta , M.Hum

Edit
NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRASTASTI PALAH 1119

Prasasti palah 1119 ? Merupakan salah satu prasasti masa kerajaan kadiri yang masih in situ dan ditemukan satu konteks dengan kompleks candi panataran: bangunan suci palah. Prasasti palah dikeluarkan pada tahun 1119 ? (1197 m) pada bulan juni–juli oleh sri maharaja sri sarwwe?wara yang bergelar çri wikram?wat?r?nindita digjayotunggadewan?ma dan menggunakan lencana kebesaran çrnggalañcana. Prasasti palah 1119 ? Terkait dengan peristiwa penetapan s?ma kepada s?mya sang catur lurah, dan peristiwa suci ini diresmikan dengan pendirian batu prasasti melalui upacara prathista untuk sebuah bangunan suci, yaitu candi panataran (candi palah) yang diperuntukkan bagi pemujaan kepada paduka bhat?ra di palah. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa paparan isi prasasti palah 1119 ? Mengandung nilai-nilai abadi pendidikan karakter, yaitu nilai religius, disiplin, kerja keras, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kesembilan “nilai-nilai abadi pendidikan karakter” tersebut telah mengakar kuat sejak abad ke-12 hingga abad ke-14 m. Temuan penelitian ini layak untuk dikembangkan, diinternalisasikan, dan direlevansikan dengan konteks kehidupan kekinian jelang abad ke-21 m. Penerapan atau penginternalisasian nilai-nilai abadi pendidikan karakter pada isi prasasti palah 1119 ? Memerlukan proses pembelajaran terus-menerus pada peserta didik di kelas dengan inovasi pembelajaran yang menarik, berbasis teknologi abad ke-21 m. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa paparan tentang prasasti palah 1119 ? Ini telah menjadi panduan hidup abadi serta mendapat perhatian yang serius dari masyarakat jawa kuno sejak masa kadiri (abad ke-12 m), singhasari (abad ke-13 m), hingga akhir majapahit (abad ke-14 m). Hal ini terbukti dengan diabadikannya keberadaan prasasti dan bangunan suci, yaitu candi palah (candi panataran sekarang), yang bangunan candinya bahkan direnovasi berkali-kali pada masa majapahit. Dengan demikian, prasasti palah 1119 ? Dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah, yakni sebagai media abadi tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Hal ini juga sangat relevan serta tidak bertentangan untuk dikembangkan dalam konteks kehidupan kekinian. Selamat membaca para khalayak karena buku referensi ini sangat menginspirasi!

Nama : BLASIUS SUPRAPTA

Nomor tlp: +62 813-3450-2032

Email : blasius.suprapta.fis@um.ac.id

12

PEMETAAN SITUS CAGAR BUDAYA DI TUBAN

MOCH. NURFAHRUL LUKMANUL KHAKIM

Edit
PEMETAAN SITUS CAGAR BUDAYA DI TUBAN

Banyak cagar budaya di tuban yang terancam rusak bahkan hilang. Pemerintahan kabupaten tuban sudah berusaha merawat dan mengelola namun kurang maksimal. Kabupaten tuban dulu dikenal sebagai kota pelabuhan yang penting, khususnya pada era majapahitsampai masukknya agama islam ke indonesia. Menurut inventarisasi badan pelestari cagar budaya jawa timur, aset sejarah di tuban pada tahun 2018 tercatat 518 objek cagar budaya. Rinciannya antara lain 445 benda, 43 struktur, 18 bangunan dan 12 situs cagar budaya. Dari ratusan daftar tersebut hanya 7 yang teregistrasi.

Cagar budaya tersebut belum tercatat dengan baik, bahkan kurang dikenal masyarakat. Cagar budaya tersebut tersebar di seluruh kabupaten tuban. Sebaran cagar budaya tersebut perlu dipetakan dengan baik. Cagar budaya itu yang sudah terpetakan dalam penelitian ini antara lain: candi bulujiwo, gua suci tuban, makam sunan bonang, makam syekh maulana ibrahim asmoroqondi, makam sunan bejagung lor, klenteng kwan sing bio, situs watu gajah, prasasti prunggahan, prasasti, bandungrejo dan makam sunan bejagung kidul    

Nama : MOCH. NURFAHRUL LUKMANUL KHAKIM

Nomor tlp: +62 812-1665-5106

Email : moch.nurfahrul.fis@um.ac.id

13

JEJAK GERILYA JENDRAL SOEDIRMAN DI PACITAN

WAHYU DJOKO SULISTYO

Edit
JEJAK GERILYA JENDRAL SOEDIRMAN DI PACITAN

Jendral soedirman adalah salah satu pejuang kemerdekaan indonesia dan merupakan bapak tentara nasional indonesia (tni). Agresi militer ii yang dilancarkan oleh belanda menjadi awal titik perjalanan perjuangan jenderal soedirman melalui taktik gerilya untuk mempertahakan kemerdekaan indonesia. Perjuangan gerilya terus berlanjut dan komado tetap berjalan dibalik kelambu tandu diatas pundak sekawan prajuritnya. Didalam buku ini berisi tentang peninggalan-peninggalan dan monumen yang didirikan untuk mengenang perjalanan gerilya jenderal soedirman di wilayah pacitan jawa timur.

Nama : WAHYU DJOKO SULISTYO

Nomor tlp: +62 812-5952-4259  

Email : wahyu.djoko.fis@um.ac.id

15

IDENTIFIKASI AEKEOLOGI SITUS NGAWONGGO

Moch. Nurfahrul lukmanul khakim

Edit
IDENTIFIKASI ARKEOLOGI SITUS NGAWONGGO

Situs  parirtaan ngawonggo terletak di dusun nawonggo desa nanasan kecamatan tajinan kabupaten malang. Penemuan situs ini sudah lama menjadi rahasia umum warga desa tetapi baru tahun 2017, penemuan situa ini mendapatkan perhatian serius dari balai penyelamatan benda cagar budaya trowulan jawa timur dan disiarkan di berbagai media massa.

Jurusan sejarah fakultas ilmu sosial universitas negeri malang sebagai rujukan dan pioner lembaga akademisi bidang kepurbakalaan di malang terpanggil untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi fungsi serta potensi situs parirtaan ngawonggo. Ini merupakan penelitian rintisan pertam kali yang pernah dilakukan tim jurusan sejarah um di situs patirtaan ngawonggo. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dan arkeologi untuk menelaah temuan artefak pada situs patirtaan ngawonggo

Nama : Moch. Nurfahrul lukmanul khakim

Nomor tlp: +62 812-1665-5106

Email : moch.nurfahrul.fis@um.ac.id

16

PESONA GUA HUNIAN LIANG SUSU

Ulfatun Nafi’ah

Edit
PESONA GUA HUNIAN LIANG SUSU

Infografis Pesona Gua Hunian Liang Susu yang berlokasi di Tanah Bumbu, Kalimantan. Situs sejarah pubakala ini penting sebagai bukti kehidupan manusia masa prasejarah di Kalimantan.

Nama : Ulfatun Nafi’ah

Nomor tlp: 082141508650

Email : ulfatun.nafiah.fis@um.ac.id

17

LIANG BINGKAI

Ulfatun Nafi’ah

Edit
LIANG BINGKAI

Infografis Pesona Gua Hunian Liang Bangkai yang berlokasi di Mantewe, Tanah Bumbu, Kalimantan. Peninggalan sejarah pubakala ini penting karena menyimpan lukisan dinding manusia prasejarah di Kalimantan.

Nama : Ulfatun Nafi’ah

Nomor tlp: 082141508650

Email : ulfatun.nafiah.fis@um.ac.id

18

INFOGRAFIS LIANG BATU UKIR

Ulfatun Nafi’ah

Edit
INFOGRAFIS SEJARAH LIANG BATU UKIR

Infografis Pesona Gua Hunian Liang Batu Ukir yang berlokasi di Mantewe, Tanah Bumbu, Kalimantan. Gua pubakala ini merupakan warisan sejarah yang berharga dibuktikan dengan temuan tulang dan artefak manusia prasejarah.

Nama : Ulfatun Nafi’ah

Nomor tlp: 082141508650

Email : ulfatun.nafiah.fis@um.ac.id

19

PESONA GUA HUNIAN LIANG JAGO

Ulfatun Nafi’ah

Edit
PESONA GUA HUNIAN LIANG JAGO

Infografis Pesona Gua Hunian Liang Jago yang berlokasi di Mantewe, Tanah Bumbu, Kalimantan. Peninggalan sejarah pubakala ini penting karena menyimpan artefak gerabah dan lukian dinding di Kalimantan.

Nama : Ulfatun Nafi’ah

Nomor tlp: 082141508650

Email : ulfatun.nafiah.fis@um.ac.id

20

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN KRAMIK SINGKAWANG

Ulfatun Nafi’ah

Edit
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN KERAMIK SINGKAWANG

Keramik Singkawang memiliki keunikan yang khas dibanding keramik lain di Indonesia. Berikut urutan cara pembuatan keramik Singkawang khas Kalimantan.

Nama : Ulfatun Nafi’ah

Nomor tlp: 082141508650

Email : ulfatun.nafiah.fis@um.ac.id

32

JELAJAH GUA PRASEJARAH

Lutfiah Ayundasari

Edit
JELAJAH GUA PRASEJARAH DI KARST MANTEWE

Buku ini menyajikan gambaran umum mengenai jejak tinggalan manusia prasejarah yang ada di Karst Mantewe mulai dari alasan tinggal di gua, pemilihan gua yang ditempati dan tinggalan lainnya.

Kontak person

Nama : Lutfiah Ayundasari

Nomor tlp: 085646664559

Email : lutfiah.fis@um.ac.id

33

PENGEMBANGAN ARCA CANDI MASA SINGHASARI

Indah Wahyu Puji

Edit
Click here to add content.
34

Pengembangan Perkuliahan Daring Mata Kuliah Kajian Kurikulum dan Buku Teks Sejarah Berbasis Experiental Learning

Indah Wahyu Puji

Edit
Buku Pengembangan Perkuliahan Daring Mata Kuliah Kajian Kurikulum dan Buku Teks Sejarah Berbasis Experiental Learning

Nama : Indah Wahyu Puji Utami

Nomor tlp: 0812-3075-9821

Email :indahwahyu.p.u@um.ac.id

23

Produk totebag dengan motif Batik Bumi Balung Buto Rusa Purba dan Gajah Purba

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Produk totebag dengan motif Batik Bumi Balung Buto Rusa Purba dan Gajah Purba

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

24

Produk tas dengan motif Batik Bumi Balung Buto Rusa Purba dan Gajah Purba

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Produk tas dengan motif Batik Bumi Balung Buto Rusa Purba dan Gajah Purba

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

26

Cap motif relief Medalion Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Cap motif relief Medalion Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

27

Cap motif relief bunga Teratai, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Cap motif relief bunga Teratai, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

28

Cap motif relief medalion 2, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Cap motif relief medalion 2, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

29

Cap motif relief sulur, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Cap motif relief sulur, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

30

Cap motif relief Teratai, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Cap motif relief Teratai, Candi Kidal

Nama:

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

31

Berbagai cap motif relief Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Berbagai cap motif relief Candi Kidal

Nama:

Ulfatun Nafi’ah, S.Pd.,M.Pd

Nomer tlp:

082141508650

Email:

Ulfatun.nafi’ah.fis@um.ac.id

30

Cap motif relief Teratai, Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Click here to add content.
25

Pelatihan pembuatan batik bermotif binatang purba yang dilakukan oleh Ibu Ulfatun Nafi’ah bersama tim di Bojonegoro

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Click here to add content.
21

Batik Bumi Balung Buto Gajah Purba, Rusa Purba

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Click here to add content.
22

Kaos biru dengan motif Batik Bumi Balung Buto Rusa Purba

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Click here to add content.
31

Berbagai cap motif relief Candi Kidal

Ulfatun Nafi’ah

Edit
Click here to add content.
Edit
IPS

USER MANUAL PENGELOLAAN JURNAL ELEKTRONIK OJS2

Idris, SS., MM.

Edit
USER MANUAL PENGELOLAAN JURNAL ELEKTRONIK MENGGUNAKAN OJS 2

Buku User Manual Pengelolaan Jurnal Elektronik menggunakan OJS 2 ini merupakan salah satu panduan bagi pengelola jurnal online atau elektronik yang menggunakan OJS 2. Buku ini memberikan panduan langkah-langkah dasar hingga pengembangan berkenaan dengan manajemen pages, roles, dan editorial proses secara full online memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan di dalam OJS 2. Buku ini diharapkan dapat membantu para pengelola jurnal pemula yang secara otodidak bisa belajar mengoperasikan OJS 2 dengan mudah dan praktis.

Idris, SS., MM.

Idris.fis@um.ac.id

IPS 2

DESTINASI WISATA DI MADURA

Idris, SS., MM.

Edit
DESTINASI WISATA DI MADURA

Buku DESTINASI WISATA DI MADURA ini diperuntukan bagi para pembaca yang ingin menyelami industri pariwisata dengan menampilkan berbagai tempat atau destinasi yang ada di Pulau Madura. Mulai dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sampang, hingga yang paling ujung timur di Kabupaten Sumenep. Buku ini menyajikan berbagai destinasi tiap-tiap kabupaten yang ada di Madura seperti wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner serta wisata buatan. Adapun dalam penyajian informasi pada tiap-tiap destinasi telah diberikan informasi seputar lokasi wisata, harga tiket masuk wisata, jam operasional wisata, fasilitas yang ada di tempat wisata, hingga akses menuju lokasi wisata.

Idris, SS., MM.

Idris.fis@um.ac.id

IPS 3

PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

Edit
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

Buku ini memberikan gambaran kepada pembaca khususnya bagaimana  memahami hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik mulai sejak dini, sekolah dasar, menengah dan dewasa. Pembaca juga diberikan pengalaman bagaimana memahami aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan tahap-tahap perkembangannya (anak, remaja dan dewasa). Memahami tugas-tugas perkembangan manusia dan implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan usia dini, remaja dan dewasa, dan mampu mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi pada setiap tahap-tahap perkembangan dan implikasinya dalam proses pendidikan.

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

neni.wahyuningtyas.fis@um.ac.id

IPS 4

BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL

Agung Wiradimadja, M.Pd.

Edit
BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL

Buku Produk Multikultural Budaya dan Kearifan Lokal Provinsi Jawa Timur ini diperuntukkan untuk para pembaca yang ingin mengetahui dan menyelami keragaman produk hasil kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat di Jawa Timur. Buku ini menyajikan ragam produk kebudayaan mulai dari kesenian tradisional, makanan tradisional, peralatan tradisional, permainan trasional, senjata trasisional, kebiasaan masyarakat atau tradisi dan rumah adat. Buku ini memuat gambar dan deskripsi dari setiap produk kebudayaan dan kearifan lokal. Setiap produk kebudayaan dibahas dari segi material produk, fungsi peruntukan, nilai estetika hingga nilai filosofisnya.

Agung Wiradimadja, M.Pd.

agung.wiradimadja.fis@um.ac.id

IPS 5

PENDIDIKAN HUMANIS

Nurul Ratnawati, M.Pd

Edit
PENDIDIKAN HUMANIS

Nurul Ratnawati, M.Pd

Nurul.ratnawati.fis@um.ac.id

IPS 6

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

Edit
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Buku Belajar dan Pembelajaran ini diperuntukkan bagi mahasiswa program sarjana yang mengambil jurusan kependidikan. Buku ini memberikan gambaran bagaimana hakikat pembelajaran sesungguhnya, serta aspek-aspek yang berpengaruh dalam proses belajar itu sendiri. Berbagai teori belajar dan pengalaman dalam interaksi yang mendalam, menjadikan buku ini menarik, tidak hanya bagi mahasiswa dan guru serta akademisi. Secara luas, siapa saja yang tertarik dalam dunia

pendidikan.

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

neni.wahyuningtyas.fis@um.ac.id

IPS 7

PROFESI KEPENDIDIKAN

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

Edit
PROFESI KEPENDIDIKAN

Buku ini diperukkan bagi pembaca yang menggeluti bidang kependidikan. Buku ini mengulas tentang konsep profesi, administrasi pendidikan, administrasi kurikulum, administrasi peserta didik, administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, administrasi sarana dan prasarana, administrasi keuangan sekolah, administrasi hubungan sekolah dan masyarakat, administrasi layanan khusus, administrasi ketatausahaan sekolah, supervisi pendidikan dan kepemimpinan pendidikan. Harapannya pembaca dapat memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan dalam mengaktualisasi profesi guru dengan baik, mengembangkan karirnya secara lebih optimal sesuai aturan organisasi dan regulasi yang menaunginya.

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

neni.wahyuningtyas.fis@um.ac.id

IPS 8

PROFIL WISATA MALANG RAYA

Agus Purnomo, M.Pd

Edit
PROFIL WISATA MALANG RAYA

Paparan singkat mengenai profil wisata di wilayah Malang Raya dan gambaran umum dari pengunjung wisatawan yang berkunjung. Dalam buku ini disajikan informasi singkat mengenai daerah tujuan wisata dan dilengkapi dengan akses lokasi yang terintegrasi rute digital.

Agus Purnomo, M.Pd

agus.purnomo.fis@um.ac.id

IPS 9

BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI DESA GONDOSULI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

Edit
BUKU PANDUAN SISTEM INFORMASI DESA GONDOSULI KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

Buku ini merupakan hasil luaran kegiatan pengabdian masyarakat. Buku ini berisikan panduan pengembangan Sistem Informasi Desa berbasis website untuk mewujudkan good government di pemerintahan desa Gondosuli, kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di desa Gondosuli dimaksudkan untuk membantu perangkat desa mensosialisasikan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang mudah sehingga akan terwujud good government dan membantu masyarakat desa setempat lebih mudah dalam mengurus adminstratif desa.

Neni Wahyuningtyas, M.Pd

neni.wahyuningtyas.fis@um.ac.id

 

IPS 10

BOOKLET POTENSI SUMBERDAYA ALAM INDONESIA

Agus Purnomo, M.Pd

Edit
BOOKLET POTENSI SUMBERDAYA ALAM INDONESIA

Buku suplemen hasil pengembangan tugas akhir yang digunakan untuk memberikan pengalaman pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran IPS materi sumberdaya alam di kelas VII

Agus Purnomo, M.Pd

agus.purnomo.fis@um.ac.id

IPS 11

BENTUK MUKA BUMI MALANG RAYA

Agus Purnomo, M.Pd

Edit
BENTUK MUKA BUMI MALANG RAYA

Buku suplemen hasil pengembangan tugas akhir yang ditujukan untuk memberikan gambaran umum mengenai bentuk muka bumi khususnya pada wilayah Malang Raya serta dapat digunakan peserta didik untuk mempermudah memahami materi pembelajaran.

Agus Purnomo, M.Pd

agus.purnomo.fis@um.ac.id

12

BUKU PEDOMAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (SKPI)

Nurul Ratnawati, M.Pd

Edit
BUKU PEDOMAN SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (SKPI)

Buku Pedoman Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) disusun secara praktis sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam mengklasifikasikan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan untuk mendukung bidang keilmuannya selama kuliah di perguruan tinggi sebagai rekam jejak yang dapat dimasukkan dalam SKPI.

 

Nurul Ratnawati, M.Pd

nurul.ratnawati.fis@um.ac.id

 

IPS 12

Aplikasi “CO-TOON” (Covid-19 Prevention Online Book)

Alifian Nabila

Edit
Aplikasi “CO-TOON” (Covid-19 Prevention Online Book)

“CO-TOON” (Covid-19 Prevention Online Book) merupakan sumber belajar tentang upaya mitigasi bencana Covid-19. “CO-TOON” (Covid-19 Prevention Online Book) dikemas dalam aplikasi berbasis online book yang dapat dioperasikan pada Android. Cara untuk mendapatkan akses “COTOON” (Covid-19 Prevention Online Book) adalah dengan mengunduh aplikasi melalui link pada Website yang telah disediakan oleh Developer. Pengguna “CO-TOON” (Covid-19 Prevention Online Book) disediakan Ebook dan fitur-fitur pendukung dalam mempermudah literasi pandemi Covid-19.

Alifian Nabila

alifian.nabila.1707416@students.um.ac.id

 

 

Screenshot_16

Modul Antropologi Budaya Berbasis Augmented Reality (MABAR)

Nurul Ratnawati, M.Pd

Edit
Modul Antropologi Budaya Berbasis Augmented Reality (MABAR)

MABAR merupakan singkatan dari Modul Antropologi Budaya Berbasis Augmented Reality. MABAR merupakan aplikasi berbasis android dengan memanfaatkan beberapa software seperti Unity3D, Photoshop CS6, Movavi Video Suite 17, dan Blender3D. Konten yang terdapat dalam MABAR antara lain e-modul antropologi budaya, lembar aktivitas mahasiswa sebagai panduan praktik penelitian etnografi, AR yang menggambarkan benda-benda budaya, dan video sebagai artefak yang menggambarkan budaya tempat penelitian. Aplikasi ini dikembangkan untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa melakukan praktik penelitian lapangan dengan pendekatan etnografi pada matakuliah antroplogi budaya. 

Nurul Ratnawati, M.Pd

nurul.ratnawati.fis@um.ac.id

IPS 13

Media Students’ Vodcast

Agung Wiradimadja, M.Pd.

Edit
Media Students’ Vodcast

Students’ Vodcast adalah video podcast yang dibuat oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang. Topik yang diperbincangkan dalam vodcast ini adalah tentang pendidikan secara general maupun spesifik tentang Pendidikan IPS. Vodcast ini digunakan sebagai model pembelajaran student’s vodcasting di perguruan tinggi dan produk yang dihasilkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa pada jurusan atau prodi kependidikan secara umum di Indonesia untuk tema pendidikan secara general serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa Prodi Pendidikan IPS di seluruh Indonesia untuk topik tentang IPS. Pengembangan vodcast ini diinisiasi dan diarahkan oleh para dosen inovator di lingkungan Prodi Pendidikan IPS-UM.

Agung Wiradimadja, M.Pd.

agung.wiradimadja.fis@um.ac.id

IPS 14

Media E-book Interaktif Kelas VII

Nurul Izzah Sofiyah

Edit
Media E-book Interaktif Kelas VII

E-book interaktif pada materi Interaksi Sosial dibuat berdasarkan dari permasalahan lapangan mengenai penerapan pembelajaran jarak jauh yang kesulitan menemukan sumber belajar secara konkret. Maka e-book interaktif dihadirkan sebagai solusi dari permasalahan tersebut. E-book interaktif memuat gambar, video, narasi dan dikemas dalam bentuk info grafis yang dapat dioperasikan dalam smartphone. Memuat materi yang kontekstual (sesuai dengan Kota Malang), serta memuat materi tematik sehingga sesuai pembelajaran IPS, serta sesuai dengan Kurikulum 2013.

Nurul Izzah Sofiyah
nurulizzahsofiyah98@gmail.com
IPS 15

Media Pembelajaran E-buletin Berbasis Flipbook

Dimas Pratita Pamungkas

Edit
Media Pembelajaran E-buletin Berbasis Flipbook

Media pembelajaran e-buletin berbasis flipbook memuat materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur Indonesia untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker serta Corel Draw X5. Media e-buletin memiliki edisi yang diterbitkan setiap kali pertemuan pembelajaran di kelas.

 

Dimas Pratita Pamungkas

dimaspp1998@gmail.com

IPS 16

Permainan LUDO

Agus Purnomo, M.Pd

Edit
Permainan LUDO

Permainan papan yang didesain untuk siswa melakukan simulasi kompetisi menjawab serangkaian kasus interaksi sosial yang disediakan dalam tiap kotak

Agus Purnomo, M.Pd

agus.purnomo.fis@um.ac.id

IPS 17

Media Pembelajaran siAR

Alfiana Dwi Putri

Edit
Media Pembelajaran siAR

Media Pembelajaran siAR merupakan aplikasi Augmented Reality. Dalam aplikasi ini mempunyai fitur, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan dalam aplikasi ini juga memiliki menu utama yang terdiri dari materi pokok, Augmented Reality, kuis, dan materi pendukung. Aplikasi ini memiliki fitur undu marker yang memiliki fungsi membuka gambar yang diberikan oleh guru sehingga tidak memerlukan aplikasi lainnya. Media pembelajaran siAR merupakan salah satu media untuk menunjukkan struktur bangunan candicand di Malang.

Alfiana Dwi Putri

Putrialfiana8@gmail.com

Edit

Karya inovasi Mahasiswa

PRESTASI

JURNAL