Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

DESA MITRA 2016

| November 23, 2016 | 0 Comments

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 22 Oktober – 23 Oktober 2016 HMJ Geografi “Volcano” Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan progam kerja Desa Mitra 2016 dengan tema “Memberdayakan Masyarakat Dusun Brau untuk Meningkatkan Perekonomian Sehingga Tercipta Masyarakat yang Mandiri”.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah terciptanya suatu desa yang mandiri dan sinergis terutama dengan Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang, Pengembangan dua progam studi Geografi untuk pemberdayaan masyarakat sehingga tercipta suatu desa yang berbasis lingkungan, Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dibangku kuliah kepada masyarakat, menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab serta karakter bangsa berdasarkan Pancasila, Menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa pada lingkungan.

Pemberangkatan dimulai pada hari Sabtu pukul 08.00 WIB di halaman Sasana Budaya UM dengan menggunakan angkutan umum. Perjalan ditempuh dengan lama perjalanan selama 1,5 jam. Setelah sampai ditempat tujuan para peserta diarahkan menuju TPA desa setempat, diawali dengan pembukaan sekaligus memohon ijin kepada kepala desa oleh Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM. Setelah itu peserta diarahkan untuk membentuk kelompok dan diskusi mengenai tugas yang sudah diberikan panitia. Waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB, semua peserta diarahkan menuju SD Negeri 1 Atap dimana para peserta akan beristirahat dan bermalam disana.

Jam menunjukan pukul 13.30, semua peserta berkumpul dihalaman sekolah itu, membentuk kelompok – kelompok kecil dan menuju rumah – rumah warga mengikuti panitia yang sudah ditunjuk. Para peserta menuju rumah para warga untuk memberikan informasi mengenai akan diakannya penyuluhan. Setelah selesai para peserta diajak para panitia untuk berjalan – jalan ke sekitar desa untuk memberikan angin segar kepada peserta dan panitia.

Setelah seharian beraktivitas peserta dipersilahkan untuk membersihkan diri dan makan malam sembari menunggu kegiatan berikutnya. Selang beberapa lama para warga sekitar dan pemateri mulai datang tanpa menunggu lama pemberian materi diberikan kepada warga. Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Drs. Imam Ghozali,M.M dan Drs. Hendri Purwito, M.Si. Kedua Pemateri memberikan materi mengenai cara pemanfaatan sampah untuk biang pupuk dan bisa sebagai langkah pelestarian lingkungan. Pemberian materi ditutup dengan tanya jawab oleh pemateri dengan para warga, terlihat cukup antusias para warga sekitar. Pukul 21.00 para peserta di persilahkan untuk istirahat agar kegiatan esok lancar dan semangat.

Minggu tanggal 23 Oktober 2016 waktu menunjukan pukul 05.00 terdengar para peserta bergegas untuk mulai dari mandi dan lain – lainnya. Kegiatan hari Minggu di awali dengan senam pagi dan sarapan bersama – sama. Pukul 08.00 para peserta menuju KUD desa tempat pelatihan pembuatan pupuk dan dihadiri juga oleh Karang Taruna setempat mereka bersama. Mereka membuat secara bersama – sama dipandu oleh Drs. Imam Ghozali,M.M pemateri saat penyuluhan semalam.

Rangkaian kegiatan Desa Mitra 2016 diakhiri dengan penyerahan pupuk kepada ketua Karang Taruna desa setempat. Dan selanjutnya para peserta bersama panitia kembali menuju Universitas Negeri Malang pada pukul 12.00 WIB.

Category: Berita, Galeri, HMJ Geografi

About the Author ()

Leave a Reply