Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

EARTH DAY CELEBRATION TAHUN 2017

| April 25, 2017 | 0 Comments

Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 22 – 23 April 2017 Mahasiswa Himpunan Jurusan (HMJ) Geografi “Volcano” telah menyelenggarakan kegiatan Earth Day Celebration (EDC) Tahun 2017. Tema EDC pada tahun ini adalah Mewujudkan Keseimbangan Lingkungan Hidup dengan Membangun Kesadaran Masyarakat akan Daya Dukung Lingkungan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta kebersihan, kesadaran untuk mencintai lingkungan serta rasa memiliki akan lingkungan khususnya kepada mahasiswa Geografi.

Tujuan diselenggarakannya EDC kali ini adalah untuk memperingati hari bumi, memahami biogeografi di wilayah daerah aliran sungai, mengembalikan fungsi aliran sungai yang telah tercemar oleh sampah masyarakat dan ekosistem sungai, memaksimalkan potensi daerah aliran sungai baik dari segi ekonomi masyarakat maupun kelestarian hayatinya, menciptakan biopori untuk masyarakat sekitar.

Dimulai pada hari sabtu tanggal 22 April 2017 kegiatan ini diawali dengan pemberangkatan peserta dari halaman Gedung I.4 para peserta mulai menuju lokasi EDC 2017 di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu dengan menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan panitia EDC 2017.

Perjalanan ditempuh selama 60 menit, setibanya di Kelurahan Sisir para peserta dan panitia mulai mempersiapkan apa yang diperlukan untuk kegiatan selanjutnya. Waktu terus berputar dan jam kini menunjukkan pukul 13.00 WIB. Para peserta dan panitia mulai menuju ke alun – alun Kota Batu untuk melaksanakan orasi. Orasi ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada masyarakat yang ada di sekitar alun – alun tentang apa itu hari bumi dan manfaat menjaga bumi kita ini. Kegiatan orasi berjalan selama 3 jam dan peserta mulai kembali menuju ke Kelurahan Sisir untuk beristrihat dan membersihkan diri sembari menunggu kegiatan selanjutnya.

Pukul 19.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan diskusi malam oleh seluruh panitia dan peserta kegiatan selama 120 menit. Kegiatan diskusi malam ini diadakan untuk memberikan wawasan kepada peserta EDC mengenai tentang bumi, cara menjaga alam, lingkungan dan membahas untuk kegiatan esok harinya.

Hari Minggu tanggal 23 April 2017 kegiatan diawali dengan membersihkan diri dan sarapan pagi bersama – sama, setelah itu para peserta mulai menuju ke lapangan Kelurahan Sisir untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya, diawali dengan senam pagi bersama – sama dan games dengan para peserta untuk memberikan semangat dan penyegaran. Setelah itu kegiatan ini dilanjutkan dengan tanam pohon di dekat sungai Brantas. Ada banyak jenis pohon yang ditanam dalam kegiatan EDC 2017 ini dan berjumlah 500 pohon.

Setelah semua dirasa selesai dilaksanakan dengan baik dan tuntas, para peserta dan panitia mulai berkemas – kemas untuk kembali menuju ke Malang.

Category: Berita, Galeri, HMJ Geografi, Ormawa

About the Author ()

Leave a Reply