Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

GRAND FINAL OLIMPIADE PKN NASIONAL SMA/MA.SMK SEDERAJAT TAHUN 2013

| Oktober 22, 2013 | 0 Comments

Selasa (22/10), tepatnya di Aula Perpustakaan lantai 2 UM, digelar Grand Final Olimpiade PKn Nasional SMA/MA/SMK Sederajat tahun 2013 yang diselenggarakan oleh HMJ Hukum dan Kewarganegaraan 2013 dengan tema “Semarak Karya Generasi Emas Untuk Kejayaan Nusantara”. Tidak seperti tahun lalu yang diikuti 5 besar finalis , tahun ini sebanyak 8 besar finalis dari 8 sekolah yang lolos seleksi, dihadirkan untuk melakukan presentasi portofolio dan tanya jawab dengan dewan juri. Kedelapan finalis itu berasal dari SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro, SMAN Bali Mandara, SMAN 1 Glagah Banyuwangi, SMAN 1 Blitar, SMA Katolik Santo Paulus Jember, SMAN 5 Malang, SMK PGRI 3 Malang. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB dan dihadiri Dekan FIS, Bapak Prof. Dr. Haryono, M.Pd, Wakil Dekan III FIS, Bapak Dr. Ari Sapto M.Hum, Ketua Jurusan HKn, Bapak Drs. Suparlan Al-Hakim, bapak ibu dosen HKn, bapak/ibu pendamping peserta beserta tamu undangan lainnya. Kemudian acara dibuka oleh Dekan FIS, Bapak Prof. Dr. Haryono, M.Pd dengan harapan acara yang bertaraf nasional ini bisa terselenggara setiap tahunnya dan menjadi lebih baik. Pada kesempatan kali ini dewan juri berasal dari dosen HKn yaitu Ibu Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum dan Bapak Drs. Margono, M.Pd. M.Si.

Pada pukul 09.00 WIB-13.00 WIB para peserta dipersilahkan menyampaikan portofolio dengan media power point dan media presentasi menarik lainnya. Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab dengan dewan juri dengan waktu yang terbatas. Para peserta satu sama lain saling bersaing untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seusai penyampaian portofolio dan tanya jawab, para peserta dipersilahkan istirahat sambil menunggu pengumuman juara. Tepat pukul 14.30 WIB, para dewan juri mengumumkan siapa yang menjadi juara 1,2 dan 3. Tahun ini yang mendapatkan juara 1 adalah juara bertahan tahun lalu yaitu SMA Negeri Model Terpadu Bojonegoro dengan judul portofolio “Gadikrila Sebagai Upaya Peningkatan Jurnas di Kabupaten Bojonegoro” dan mendapatkan uang tunai Rp 1.000.000,00 beserta Piala Trofi Rektor dan sertifikat. Juara 2 diraih oleh SMA 1 Glagah Banyuwangi dengan judul portofolio “Pengentasan Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) di Area Gunung Gumitir” dan mendapatkan uang tunai Rp 750.000,00 beserta Piala Trofi Rektor dan sertifikat. Juara 3 diraih oleh SMAN Bali Mandara dengan judul portofolio “Program Bang Mini Terpadu Sebagai Sarana Pengembangan Ekonomi Bali Melalui Peran Serta Subak” dan mendapatkan uang tunai Rp 500.000,00 beserta Piala Trofi Rektor dan sertifikat. Dan untuk peserta lainnya hanya mendapatkan fandel dari HMJ beserta sertifikat. (dhanasty)

 

 

Category: Galeri, Kegiatan Mahasiswa

About the Author ()

Leave a Reply