Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Kemampuan Guru Geografi dalam Melaksanakan Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Kediri

| Februari 7, 2011 | 0 Comments
Hana Nika Dwi Cahyani

Kemampuan Guru Geografi dalam Melaksanakan Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Kediri.
ABSTRAK
HANA NIKA DWI CAHYANI Kemampuan Guru Geografi dalam Melaksanakan Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kota Kediri. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Ach. Amirudin, M. Pd, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M. Pd, M. Si.

Kata Kunci: Kemampuan guru, Perencanaan, Pembelajaran, Evaluasi, geografi, SMA.
Guru sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan yang sangat penting, karena guru sebagai faktor penentu yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Oleh karena itu untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang baik maka guru harus memiliki kemampuan dasar mengajar. Ada tiga kompetensi esensial yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam melaksanakan tugas instruksionalnya yaitu kemampuan merencanakan pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, dan kemampuan melaksanakan evaluasi. Berdasarkan observasi, terdapat kendala dalam melaksanakan pembelajaran secara utuh dan sistematis, dalam perencanaan pembelajaran terdapat kendala yaitu beberapa guru mengalami kesulitan dalam menentukan metode dan model yang melibatkan siswa secara aktif, menentukan materi yang akan disajikan. Dalam proses pembelajaran, guru mengalami kesulitan dalam membangkitkan semangat dan minat siswa dan penggunaan media belajar yang terbatas karena keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah. Dalam evaluasi, guru kesulitan dalam menjabarkan indikator dalam butir soal dan standar nilai yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri dalam penyusunan RPP, melaksanakan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan penilaian RPP merujuk pada rambu-rambu penilaian RPP yang didapatkan dari IPKG (Instrumen Penilaian Kinerja Guru) dan pedoman observasi untuk pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Analisis hasil penelitian yang digunakan untuk menyimpulkan data adalah dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan guru geografi dalam menyusun RPP di SMA Negeri Kota Kediri tergolong baik, guru telah menggunakan format RPP yang baik yaitu format RPP I menurut Muslich (2007). (2) Kemampuan guru geografi dalam melaksanakan pembelajaran di SMA Negeri Kota Kediri tergolong baik, (3) Kemampuan guru geografi dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di SMA Negeri Kota Kediri tergolong kurang baik. Disarankan agar guru geografi di SMA Negeri Kota Kediri meningkatkan pemahaman terhadap KTSP dan dapat meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Category: Skripsi Jurusan Geografi 2010

About the Author ()

Leave a Reply