Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

KONGRES PANCASILA TAHUN 2017 ”Pancasila Jiwa Bangsa : Dinamika, Tantangan, dan Aktualisasi di Indonesia”

| Juli 25, 2017 | 0 Comments

Kongres Pancasila IX dengan tema ”Pancasila Jiwa Bangsa : Dinamika, Tantangan, dan Aktualisasi di Indonesia” dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Juli 2017 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kegiatan ini bersifat memberikan wawasan dan tawaran solusi mengenai problematika kebangsaan yang saat ini terjadi dalam ranah lokal, nasional, dan global serta penguatan terhadap implementasi nilai Pancasila dalam membangun kedaulatan bangsa.

Kegiatan Kongres Pancasila IX diikuti oleh para akademisi, praktisi, guru, dosen, perwakilan instansi pemerintahan, tokoh masyarakat dan insan yang peduli terhadap Pancasila. Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Ahmad Ekha Yustira dan Lilya Windi Pramesti yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) Angkatan 2015. Tak hanya itu beberapa dosen FIS UM juga turut ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Hari pertama diisi dengan kegiatan kursus Pancasila dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Pancasila. Dihari pertama diisi dengan penyampaian materi tentang Pancasila, Agama, dan Budaya, pemutaran film Pidato 1 Juni, materi dari sila-sila yang ada dalam Pancasila dan masih banyak yang lainnya.

Hari kedua tepatnya tanggal 23 Juli 2017 diisi dengan sambutan oleh rektor UGM dan amanat oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Dalam amanat yang disampaikan presiden menyampaikan beberapa hal penting, seperti perlunya menjaga keutuhan negara, pengaruh globalisasi dan pentingnya peran warga negara mempertahankan nilai-nilai Pancasila di tengah arus global. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel dan presentasi hingga hari ketiga dengan dibagi sesuai dengan tema makalah yang diambil. Kegiatan ini diakhiri dengan sidang pleno dan penutupan.

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply