Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

KUNJUNGAN DIREKTORAT JENDERAL SDID DIKTI PADA KEGIATAN OPEN CLASS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNUNITY (LSLC) KOMUNITAS LS FIS UM

| September 4, 2018 | 0 Comments

Pada hari kamis, 30 Agustus 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi, para  narasumber lesson Study beserta para dosen peserta Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penguatan Kompetensi Dosen melalui  Lesson Study for Learning Commununity (LSLC) mengikuti kegiatan Open Class Ilmu sosial dan humaniora yang diselenggarakan oleh Komunitas Lesson Study Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Acara open class diselenggarakan di Aula Ki Hajar Dewantara Gedung I1. Lantai 7 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Tujuan mengikuti kegiatan ini menurut Tim Pengembang Bimtek LS Kemenristekdikti adalah berupaya memberikan pengalaman kepada para dosen peserta Bimtek mengenai pelaksanaan lesson study di perguruan tinggi. Melalui pengalaman ini diharapkan para dosen dapat terus termotivasi dan selalu berinovasi untuk meningkatkan diri dan memberikan layanan yang terbaik bagi mahasiwa. Selain peserta Bimtek, kegiatan open class ini diikuti juga para dosen magang di fakultas Ilmu Sosial dan beberapa  guru SMP/SMA di Kota Malang. Dalam daftar hadir tercatat 120 peserta ikut meramaikan acara ini.

Dalam sambutanya Ketua Komunitas Lesson Study FIS, Luhung Achmad Perguna S.Sos., M.A, mengucapkan terima kasih kepada  Direktorat Jenderal Sumber Daya IPTEK dan Pendidikan Tinggi  atas kunjungannya pada kegiatan open class kali ini. Kegiatan open class ini merupakan agenda rutin yang dilakukan para dosen sejak berdirinya Komunitas Lesson Study FIS yaitu tahun 2014. Ketua Komunitas dalam kesempatan ini juga mengucapkan selamat dan terimakasih kepada I Dewa Putu Eskasasnanda, S.Ant., M.A. yang telah menjadi dosen model dalam kegiatan open class.

Matakuliah Antropologi Sosial terutama materi terkait perubahan sosial menjadi inti acara kegiatan open class lesson study. Pada open class ini dosen mengajarkan dengan cara berfokus pada mahasiswa (student centered learning). Mahasiswa diminta melakukan diskusi terfokus (FGD) atas permasalahan yang diajukan oleh dosen.

Acara lesson study diakhiri dengan kegiatan refleksi pembelajaran oleh seluruh peserta open class. Para anggota Komunitas Lesson Study FIS, para dosen magang, guru dan peserta Bimtek sebagai observer saling mendiskusikan pengalaman belajar yang dilakukan mahasiswa. Secara umum kegiatan  open class lesson study di Fakultas Ilmu Sosial ini berjalan dengan lancar. Para mahasiswa aktif belajar melalui proses diskusi yang direncanakan dosen, para peserta open class pun merasa puas karena mendapat inspirasi baru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Category: Berita

About the Author ()

Leave a Reply