Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Latihan Kepemimpinan Pancasila (LKP)

| Oktober 1, 2013 | 0 Comments

“Membentuk Jiwa Karakter dan Moral Generasi Bangsa yang Kritis, Idealis serta Bertanggungjawab yang Berazaskan Pancasila”

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan wajib yang biasa disebut Ospek Jurusan atau Latihan Kepemimpinan Pancasila (LKP) 2013 Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) kembali diselenggarakan oleh HMJ HKn 2013. Bertepatan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 28-29 September 2013 di gedung I1 dan I3 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dengan sistem menginap di kampus tanpa perpeloncoan. Kegiatan yang diikuti oleh 182 peserta dengan rincian 168 mahasiswa baru tahun 2013 dan 9 peserta (mahasiswa HKn angkatan 2011 dan 2012 dikarenakan tidak mengikuti LKP di tahunnya). Kegiatan yang dimulai hari Sabtu pukul 07.00 WIB dihadiri oleh Wakil Dekan III FIS, Bapak Drs. Ari Sapto, M.Hum serta Ketua Jurusan HKn, Bapak Drs. Suparlan A-Hakim, M.Si. Pada saat membuka acara, bapak Ketua Jurusan HKn menyampaikan bahwa LKP ini bertujuan untuk “Membentuk Jiwa Karakter dan Moral Generasi Bangsa yang Kritis, Idealis serta Bertanggungjawab yang Berazaskan Pancasila” mahasiswa HKn dengan point utama aspek humanistik sesuai nila-nilai Pancasila untuk bekal di kehidupan kampus dan masyarakat. Selain itu, kegiatan yang tidak memperkenankan adanya senioritas dan junioritas diselenggarakan tanpa memungut biaya dari peserta. Sama seperti tahun lalu, kegiatan diisi dengan materi, pensi, HKn Sehat dan outbond. Materi disampaikan oleh dosen HKn, alumni dari HMJ, dan lain sebagainya.

Untuk pemateri pertama disampaikan oleh Alfian Dwi P. (alumni HMJ 2012) dan Firdausi Dhulhijjahyani (wakil ketua HMJ HKn 2013) dengan tema Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Pemateri kedua disampaikan oleh Bapak Drs. Suwarno Winarno (dosen HKn) dengan tema Ideologi dan Filsafat Pancasila. Pemateri ketiga disampaikan oleh Bapak Drs. Margono, M.Hum (dosen HKn) dengan tema Wawasan Kebangsaan dan Komitmen 4 Pilar. Pemateri keempat disampaikan oleh Eri Hendro Kusumo, S.Pd (mantan Ketum Dewan Perwakilan Mahasiswa UM dan Ketua Komisi Dewan Mahasiswa FIS) dan Ilham Sumarga (ketua HMJ HKn 2013) dengan tema Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi . Serta materi kelima (materi terakhir), disampaikan oleh Bapak Drs. Petir Pudjantoro, M.Si (dosen HKn dan Pembina HMJ HKn 2013) dengan tema Pendidikan Karakter dan Moral bagi Mahasiswa. Setelah peserta mengikuti 5 tersebut, diperkenankan untuk istirahat dan mengikuti kegiatan selanjutnya. Di malamnya harinya masing-masing peserta dalam kelompok diwajibkan menampilkan karya seni untuk memeriahkan Pentas Seni (Pensi). Ada yang menyanyi, drama, menari dan lain-lain. Selain penampilan dari peserta , Pensi juga dimeriahkan oleh bintang tamu WSBI (Wahana Seni Budaya Islam). Acara terakhir pada hari Sabtu ditutup dengan renungan malam untuk melatih mental mahasiswa baru. Di hari Minggu, kegiatan dibuka dengan acara jalan sehat yang diikuti semua peserta dan panitia LKP 2013. Setelah melakukan jalan sehat, peserta diperkenankan istirahat sebentar untuk mempersiapkan diri melakukan kegiatan outbond . Acara yang bertujuan untuk membangun kekompakan antara peserta dengan panitia, berjalan baik dan lancar. Peserta mengaku senang bisa bermain sambil belajar dengan kakak seniornya. Pada pukul 16.30 WIB, dilakukan upacara penutupan LKP 2013 yang di dalamnya juga disampaikan pengumuman kakak tercantik,terganteng,terdisiplin,terdisplin,pemotivator dan lain-lain. Pukul 17.00 WIB, para peserta dibubarkan dan dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing. “Semoga acara yang telah kita selenggarakan 2 hari kemarin, bisa bermanfaat dan mempererat tali persaudaraan kita, “ tutup Ilham Sumarga selaku Ketua HMJ HKn 2013. (dhanasty)

 

Category: Galeri, Kegiatan Mahasiswa

About the Author ()

Leave a Reply