Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

LKMO 2017

| Maret 13, 2017 | 0 Comments

LKMO 2017 merupakan kepanjangan dari Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisasi 2017. Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 11 – 12 Maret 2017 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah “JAS MERAH” telah menyelenggarakan kegiatan LKMO 20117 dengan mengusung tema “Peningkatan Inisiatif dalam Membangun Loyalitas Terhadap Organisasi yang Berwawasan Akademis”. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan memberikan semangat, memberikan pelajaran tentang keorganisasian, dan menanamkan pribadi yang mempunyai inisiatif tinggi dalam berorganisasi, loyal, dan memiliki wawasan yang akademis dalam berorganisasi pada pengurus HMJ Sejarah 2017 dan mahasiswa Jurusan Sejarah Angkatan 2016 FIS UM.

Kegiatan ini diikuti 65 peserta dan dihadiri pula oleh beberapa undangan yang diantaranya Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM, Najib Jauhari , S.Pd, M.Hum selaku Pembina HMJ Sejarah, dan Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum selaku Ketua Jurusan Sejarah.

Kegiatan hari pertama pada rangkaian kegiatan LKMO diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 11 Maret 2017 bertempat di gedung I4.101 FIS UM. Dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan pembukaan oleh MC dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia setelah itu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Jurusan Sejarah dan Wakil Dekan III.

Masuk pada susunan acara selanjutnya yakni penyampaian materi. Materi I disampaikan oleh Daya Negri Wijaya, S.Pd., M.A dengan tema “Kepemimpinan”, materi yang disampaikan sangatlah menarik sekaligus sebagai motivasi peserta bagaimana menjadi seorang pemimpin yang benar. Setelah penyampaian materi I selesai dilanjutkan dengan penyampaian materi II yang disampaikan oleh Eki Robi Kusuma dengan tema “Manajemen Organisasi”. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh peserta LKMO untuk manajemen salam kehidupan. Untuk menghilangkan rasa suntuk dan penat, sebelum penyampaian materi selanjutnya kegiatan diisi dengan penyegaran atau yang biasa disebut dengan Ice Breaking dan hiburan oleh MC.

Waktu terus berputar dan menunjukan pukul 10.00 WIB dan kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi III oleh Santoso Ilham dengan materi yang bertema “Akademis dalam Organisasi” dan dilanjutkan dengan materi IV oleh Novita Umika Sari dengan tema “Manajemen Konflik”. Setelah semua pemateri selesai menyajikan materi diakhir sesi diisi dengan tanya jawab. Para peserta sangat antusias, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri terkait hal yang kurang dipahami. Kegiatan hari pertama diakhiri pada pukul 13.00 WIB dengan pembacaan doa.

Hari kedua pelaksanaan rangkaian kegiatan LKMO 2017 yakni pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2017 dilaksanakan di halaman gedung FIS UM dengan agenda games. Dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan membuat barisan sesuai kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia, setelah itu semua tim diminta untuk menyelesaikan permainan yang telah disusun oleh panitia acara. Ada 4 game dalam kegiatan ini yakni permainan estafet, permainan ini diharuskan untuk memindahkan air dari ember kedalam botol dengan menggunakan gelas yang telah dilubangi setiap sisinya, cukup membutuhkan ketangkasan dan kehati-hatian dalam permainan ini. Permainan kedua yakni tebak regu, permainan ini membutuhkan satu anggota kelompok sebagai perwakilan untuk memperagakan apa yang dimaksud. Permainan ketiga adalah engklek, panitia menyediakan engklek yang sudah diberi nomor dan menunjuk salah satu anggota dari kelompoknya sebagai pemimpin, dan diharuskan melempar batu kearah pilihan nomor untuk menentukan di nomer berapakah dan soal apa yang didapat.  Permainan yang keempat adalah estafet karet, estafet karet ini setiap kelompok diharuskan memindahkan karet dari anggota yang satu ke anggotanya yang lain dengan menggunakan sedotan hingga ujung barisan atau peserta terakhir.

Setiap games dilakukan secara acak setiap kelompoknya dan disetiap permainan diberikan refleksi tentang game yang telah dipermainkan. Diakhir kegiatan yakni ada kegiatan game yang dilakukan bersama – sama oleh peserta dan seluruh panitia. Game pada kali ini yakni harus menjaga lilin yang harus tetap menyala sepanjang rute yang telah disepakati, yang nantinya akan dilempari air oleh panitia. Namun sebagai peserta juga berhak menjaga teman-temannya yang lainnya dalam menjaga pertahanan. Dalam permainan ini peserta dilatih untuk saling bekerja sama dan saling membantu dan pembagian tugas. Kegiatan LKMO pada hari ini diakhiri pada pukul 11.30 WIB.

Category: Berita, Galeri, Ormawa

About the Author ()

Leave a Reply