Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO

| April 17, 2014 | 0 Comments

MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO

Yuswanti Ariani Wirahayu

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Materi yang dikaji melalui Geografi bertujuan untuk membangun dan mengambangkan pemahaman peserta didik tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang membentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permukaan bumi. Peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan wilayah. Dalam mempelajari Geografi siswa memerlukan adanya pemahaman tentang konsep yang sudah ada kemudian dituntut untuk menyebutkan contohnya. Siswa diharapkan aktif melibatkan dirinya di dalam menemukan sesuatu sehingga mengerti konsep tersebut dengan baik dan dapat menerapkan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kata kunci: pembelajaran geografi, pembelajaran berbasis portofolio.

Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan “Pembelajaran Geografi, Menyongsong Kurikulum 2013″, FIS UM, 8 Juni 2013

Category: Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Leave a Reply