Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

MITIGASI BENCANA PERIODE 2017

| Maret 27, 2017 | 0 Comments

Negara Indonesia telah banyak diguncang oleh berbagai bencana. Rangkaian bencana tersebut menimbulkan banyak korban dan kerugian baik berupa material maupun non material. Upaya untuk mencegah bencana telah banyak dilakukan oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Upaya tersebut dilakukan secara fisik, artinya membangun infrastruktur yang dapat mengurangi terjadinya bencana. Namun hal itu kurang maksimal jika masyarakat tidak dilatih untuk siap dan tahu apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana.

Oleh karena itu pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 dan 26 Maret 2017 HMJ Geografi “Volcano” memberikan pengabdian masyarakat serta mengaplikasikan pembelajaran yang di dapat kepada masyarakat.dengan kegiatan Mitigasi Bencana Tahun 2017 dengan mengusung tema “Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Lingkungan serta Tanggap Bencana melalui Kegiatan Mitigasi Bencana Tanah Longsor”. Mitigasi Bencana pada tahun ini diselenggarakan di Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu. Tujuan dari kegiatan ini adalah masyarakat mengerti tentang bencana dan potensi bencana di daerah mereka, masyarakat mengerti tentang proses terjadinya bencana dan dampaknya, masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana dengan tanggap, meminimalisir dampak bencana, mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan diaplikasikan dalam bentuk pengabdian masyarakat.

Dimulai dengan pemberangkatan pada pukul 08.00 WIB dari halaman Gedung Sasana Budaya UM, semua peserta mulai meniggalkan UM menuju Kelurahan Sisir dengan menggunakan transportasi yang telah disediakan. Perjalanan ditempuh selama 90 menit. Setibanya di lokasi kegiatan di awali dengan pembukaan oleh panitia kegiatan. Setelah itu para peserta dipersilahkan untuk berisitirahat sejenak sambil menanti kumandang adzan dzuhur. Pukul 13.00 WIB para peserta dan panitia bergegas menuju rumah rumah warga dan lahan sekitar untuk sosialisasi mengenai apa yang akan mereka lakukan di kelurahan sisir tersebut, selain itu juga melakukan observasi untuk mengetahui kemiringan lahan yang ada. Pukul 16.00 WIB para peserta kembali ke tempat yang awal kedatangan untuk membersihkan diri dan makan sembari menunggu adzan magrib dan kegiatan selanjutnya.

Pukul 19.00 WIB para warga mulai datang menuju balai desa setempat untuk memenuhi undangan dari para panitia Mitigasi Bencana melakukan diskusi malam. Diskusi malam diadakan untuk memberikan iformasi mengenai apa itu mitigasi bencana, dan apa yang harus kita lakukan pada saat bencana tersebut terjadi. Selain itu diskusi malam juga membahas untuk kegiatan simulasi yang akan diakan keesokan harinya, dengan membagi tugas. Acara diskusi malam berlangsung hingga pukul 21.00 WIB dan peserta kembali menuju kembali ke tempat yang telah disediakan untuk beristirahat.

Minggu tanggal 26 Maret 2017, merupakan hari kedua dari kegiatan Mitigasi Bencana Tahun 2017. Kegiatan dimulai pada pukul 06.00 dengan senam pagi untuk memberikan suntikan energy bagi para peserta dan panitia kegiatan. Setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan diri dan makan pagi agar dapat lebih semangat lagi dalam mengikuti kegiatan selanjutnya. Pukul 07.30 WIB para peserta mulai bergegas menuju tempat yang telah dipilih dan ditentukan untuk melakukan mitigasi bencana, kegiatan simulasi berjalan selama 120 menit dengan sangat lancar dan dilanjutkan dengan tanam pohon dan pembuatan jalur evakuasi.. Waktu menunjukan pukul 12.00 WIB para peserta pun mulai kembali dan mempersiapkan diri untuk kembali ke Malang.

Category: Berita, Galeri, HMJ Geografi, Ormawa

About the Author ()

Leave a Reply