Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) FIS UM Tahun 2017

| April 10, 2017 | 0 Comments

Musabaqah Tilawatil Qur’an Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang atau yang biasa disebut dengan MTQ FIS UM. Merupakan kegiatan yang diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME di kalangan mahasiwa, meningkatkan pemahaman dan pengahayatan kandungan Al-Qur’an pada mahasiswa dalam rangka peningkatan keimanan dan ketaqwaan, mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, menjalin hubungan silaturahmi di antara civitas akademik FIS UM, menumbuhkan sikap kompetitif diantara mahasiswa FIS UM, menumbuhkan sikap religius di antara civitas akademik FIS UM, sebagai upaya membumikan Al-Qur’an di lingkungan FIS UM, mempersiapkan kafilah FIS UM pada event MTQ UM dan MTQ Mahasiswa Regional dan Nasional.

Selain itu manfaat yang dihasilkan dari kegiatan MTQ FIS UM Tahun 2017 ini adalah menambah sikap taqwa kepada Tuhan YME dilingkungan FIS UM, menambah khasanah pemahaman dan penghayatan kandungan Al-Qur’an, mewadahi bakat dan minat mahasiswa dalam bidang Tilawatil Qur’an untuk berkompetisi, mempererat tali silaturahmi di antara civitas akademik FIS UM, membangun iklim kompetitif yang sehat di lingkungan FIS UM, menambah sikap religius akan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, menumbuhkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan akhlak Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas kafilah FIS pada event MTQ UM dan MTQ Mahasiswa Regional dan Nasional.

Oleh karena itu FIS UM yang menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) FIS UM Tahun 2017. Diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 08 April 2017 dan bertempat di Aula Lantai 7 FIS UM dengan diikuti sebanyak 215 peserta dari berbagai mahasiswa Jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan dihadiri pula oleh Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Wakil Rektor III UM, Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM, dan para Ketua Jurusan FIS UM.

Dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan dengan pembacaan Tilawah Qor’ah, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UM, Hymne UM dan Mars MTQ. Masuk pada susunan acara berikutnya yaitu sambutan, sambutan disampaikan oleh Liza Atin Nur Ainiyah selaku Ketua Pelaksana MTQ FIS UM 2017, Wakil Dekan III FIS UM, dan Wakil Rektor III UM.

Pukul mulai menunjukan pukul 09.25, para panitia mulai mengarahkan peserta MTQ FIS UM Tahun 2017 untuk mulai menuju tempat lomba masing – masing.  Ada 8 cabang yang dilombakan pada tahun ini. Diantaranya MTrQ (Musabaqah Tartilil Quran) yang diikuti oleh 47 peserta, MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an) diikuti oleh 6 orang untuk kategori 1 juz dan 8 orang untuk kategori 2 juz, untuk MFQ (Musabah Fahmil Qur’an) diikuti oleh 7 tim, MKQ (Musabaqah Khattil Qur’an) diikuti oleh 32 peserta, MSQ (Musaqah Syahril Qur’an) diikuti oleh 8 tim, MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) diikuti oleh 13 peserta, MKTIA (Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an) diikuti oleh 23 tim dan MDBI (Musabaqah Debat Qur’an dalam Bahasa Inggris) diikuti oleh 7 tim. Perlombaan ini berjalan hingga pukul 15.00 WIB.

Setelah perlombaan selesai para peserta diarahkan kembali menuju Aula Lantai 7 FIS UM untuk mengikuti pengumuman pemenang. Juara terbaik MTQ putra diraih oleh Burhanudin Nurdiansyah dari Jurusan Sosiologi FIS UM, dan Juara MTQ putri diraih oleh Azizatur Rohmah dari Jurusan Sejarah. Untuk cabang lomba MTrQ kategori putra Juara 1 diraih oleh Ahmad Hanif Priyono dari Jurusan Geografi, Juara II diarih oleh Abdul Mutallip dari Jurusan HKn, dan Juara III diraih oleh Muhammad Arif Taufiq dari Jurusan HKn. Sedangkan untuk kategori putri Juara I diraih oleh Laily Qomariah dari Prodi PIPS, Juara II diraih oleh Ning Ayunda Chofifi dari Jurusan HKn, dan Juara III diraih oleh Azizatur Rokhmah dari Jurusan Sejarah. Cabang lomba ketiga yaitu MHQ Juara terbaik kategori 1 juz diraih oleh M. Luthfi Firdaus dari jurusan Sejarah dan kategori 2 juz diraih oleh Carra Al Kindi dari jurusan Geografi. Selanjutnya yakni cabang MFQ juara terbaik diraih oleh Mochammad Syafulloj dari jurusan Geografi. Cabang MKQ  kategori putra, Juara I diraih oleh Yogik Ariaman dari jurusan HKn, Juara II diraih oleh Qomaruzzaman dari jurusan Sosiologi dan Juara III diraih oleh M. Hidayah Hadi P. dari jurusan HKn dan kategori putri Juara I diraih oleh Hidayatul Afidah dari jurusan HKn, Juara II diraih oleh Mufida Royanti dari jurusan HKn juga dan Juara III diraih oleh Nihayatul Hidayah dari jurusan Sosiologi.

Untuk cabang MKTIA juara I diraih oleh Tamziyz Hidayatullah dari jurusan Sosiologi, Juara II diraih oleh Siti Nafi’atul Mukhayaroh dari jurusan HKn dan Juara III diraih oleh Syahroni Al-Khadzir dari jurusan Geografi. Pengumuman untuk cabang lomba MTQ yang terakhir yakni MSQ Juara Terbaik diraih oleh Siti Khanifah dari jurusan HKn. Tidak itu saja ternyata, ada pula Juara Terbaik yang diperebutkan dalam ajang ini yang diraih oleh Jurusan HKn FIS UM.

Kegiatan MTQ FIS UM Tahun 2017 ini diakhiri pada pukul 17.00 WIB dengan pembacaan doa sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME atas kelancaran terselenggaranya kegiatan ini dan penutupan.

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply