Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

PEKAN KREASI DAN KREATIFITAS MAHASISWA PIPS

| Maret 27, 2017 | 0 Comments

Minggu ke 3 bulan Maret Tahun 2017 merupakan hari yang ditunggu – tunggu bagi mahasiswa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM), karena pada hari itu terselenggara kegiatan yang bertajuk Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS dengan mengusung tema “ Memperteguh Semangat Kesetiakawanan Sosial Mahasiswa IPS”. Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi intelektual dari mahasiswa untuk mengemban tugas pokok dalam pendidikan di perguruan tinggi, selain itu guna pengembangan kemampuan dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Kegiatan Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS diselenggarakan pada minggu ke 3 bulan maret dan mempunyai beberapa rentetan kegiatan, tepatnya dimulai pada tanggal 21 Maret 2017 dengan kegiatan donor darah. Diselenggarakan di Gazebo FIS UM, kegiatan ini berjalan dengan sangat baik mengingat banyaknya mahasiswa FIS dan pegawai UM yang sangat antusias dalam mendonorkan darahnya pada kegiatan tersebut.

Kegiatan selanjutnya dari rentetan kegiatan Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS yakni Bakti Sosial. Bakti Sosial atau lebih dikenal sebagai baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia. Bakti Sosial merupakan suatu kegiatan  dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merapatkan kekerabatan kita.Bakti sosial diadakan dengan tujuan – tujuan tertentu.Bakti sosial antar warga yang dilakukan oleh mahasiswa adalah untuk mewujudkan rasa cinta kasih , rasa saling menolong,rasa saling peduli mahasiswa kepada masyarakat luas yang sedang membutuhkan uluran tangan mereka. Bakti Sosial ini dilaksanakan pada hari Kamis, tepatnya tanggal 23 Maret 2017. Bertempat di Rumah Belajar Tunas Bangsa Kota Malang, Tunas Bangsa itu sebutan untuk anak-anak jalanan dan dari kalangan kurang mampu, namun memiliki tekad kuat untuk belajar dan mengubah nasibnya dengan menambah ilmu di Rumah Belajar Tunas Bangsa di kawasan Tanjung Putrayudha, Kota Malang. Banyak yang dilakukan, mulai dari penggalangan dana yang hasilnya dibelikan buku tulis, alat tulis,makanan ringan, buku mengaji, dan bantuan dana hasil dari sisa penggalangan dana. Tidak hanya memberikan bantuan semata, namun disana mahasiswa juga menjadi tutor belajar, mengaji dan memberikan hiburan ke anak – anak sekitar.

Lomba Debat Mahasiswa Pendidikan IPS yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 24 Maret 2017 merupakan kegiatan ke 3 dari rangkaian Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS ini, diikuti oleh mahasiswa PIPS FIS UM perwakilan setiap offering. Proposes Debat berjalan mulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB. Juara dalam debat kali ini mahasiswa dari offering A angkatan 2014.  Selain itu pada hari itu juga terselenggara lomba menyanyi dan juga lomba baca puisi sebagai peningkat kreasi dan kreatifitas mahasiswa PIPS yang dikemas dengan cukup menarik dan meriah.

Sosial Cup juga diselenggarakan untuk memeriahkan rangakaian kegiatan Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS tersebut, Sosial Cup merupakan kegiatan lomba Futsal Mahasiswa PIPS FIS UM, diselenggarakan di Zona SM Futsal Kota Malang. Dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan registrasi peserta dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dr. GM. Soekamto M.Pd., M.Si selaku Koordinator Prodi SI PIPS.

Sebagai puncak dari kegiatan Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS diselenggarakan kegiatan pentas seni yang terselenggara pada hari Minggu tanggal 26 Maret 2017 di halaman I5 FIS. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan – sambutan oleh Ketua HMPS PIPS, Koordinator Prodi PIPS, dan Wakil Dekan III FIS UM. Setelah itu juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Dekan III FIS UM yang diserahkan kepada Koordinator Prodi PIPS. Kegiatan untuk menyemarakkan puncak dari kegiatan Pekan Kreasi dan Kreatifitas Mahasiswa PIPS diadakan lomba menghias tumpeng, lomba tambang, penampilan Tarik suara dari mahasiswa ips dan baca puisi. Kegiatan ini diakhiri pada pukul 13.00 WIB dengan penyerahahan hadiah kegiatan lomba yang sudah terselenggara dan pembacaan doa sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME atas kelancaran kegiatan Pekan Kreasi dan Kreativitas Mahasiswa PIPS ini.

Category: Berita, Galeri, Ormawa

About the Author ()

Leave a Reply