Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

PELATIHAN INDEKSASI JURNAL DOAJ FAKULTAS ILMU SOSIAL UM

| Oktober 18, 2017 | 0 Comments

Visi Universitas Negeri Malang (UM) sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Rektor UM Nomor 15 tahun 2016 tentang  Pedoman Pendidikan adalah menjadi perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Untuk mewujudkan visi tersebut dijabarkan dalam beberapa misi yang salah satunya  adalah menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dan menjadi rujujkan dalam ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, ilmu sosial budaya, seni dan atau olah raga. Agar karya ilmiah tersebut dapat diketahui orang banyak dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, karya ilmiah tersebut perlu dipublikasin. Salah satu media publikasi ilmiah adalah jurnal. Untuk meningkatkan kualitas jurnal di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM, FIS mengadakan workshop indeksasi jurnal Direktori Open Access Jurnal (DOAJ) pada tanggal 6 – 7 Oktober 2017 bertempat di Hotel Golden Tulip Holland Batu. Indeksasi merupakan hal yang sangat penting pada sebuah jurnal yang memungkinkan seseorang untuk menemukan artikel yang dicari dengan kata kunci.  Melalui Indeksasi hasil penelitian atau artikel ilmiah didalamnya dapat disitasi atau direfer oleh peneliti-peneliti lain dan dampaknya dapat dirasakan secara lebih luas. Disamping itu, indeksasi juga memberikan manfaat yang baik terhadap berkala ilmiah diantaranya, (1) meningkatkan kualitas jurnal; dan (2) jurnal menjadi terstandar internasional.

Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Istadi, ST, MT  (pakar jurnal dan dosen Teknik Kimia Universitas Diponegoro Semarang). Peserta workshop adalah pengelola jurnal dari Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Jurusan Geografi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan IPS dan Jurusan Sosiologi sejumlah 20 orang. Beberapa pejabat di lingkungan FIS menghadiri acara ini  antara Wakil Dekan I Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum, Wakil Dekan II  Dr. Sri Untari, M.Si, Wakil Dekan III Dr. I Nyoman Ruja, Kabag. Tata Usaha Suparman, S.Sos, M.AP, Kasubag. Akademik dan Kemahasiswaan Eko Wahyu Setiawan, S.S.

Para peserta workshop DOAJ

Penjelasan Teknik Kasubag. AKAMAWA FIS Eko Wahyu Setiawan, S.S

Pemateri Dr. Istadi, ST, MT. sedang menjelaskan Indeksasi Jurnal DOAJ

Peserta workshop sedang menyimak materi workshop

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply