Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENYONGSONG ABAD 21 DAN KURIKULUM 2013

| April 15, 2014 | 0 Comments

PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENYONGSONG ABAD 21 DAN KURIKULUM 2013

Hendri Purwito

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Kualitas pendidikan pun relatif masih perlu ditingkatkan. Di pihak lain, tantangan di berbagai bidang kehidupan semakin berat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang informasi, komunikasi, dan trasnportasi sangat pesat, eskalasi pasar bebas antar negara dan bangsa semakin meningkat, dan iklim kompetisi di berbagai aspek kehidupan semakin ketat, dan masih banyak masalah lain yang memerlukan penyelesaian.

Kurikulum pendidikan yang berorientasi kerja yang lebih efisien, kreatif, inovatif, produktif, serta mandiri sangat diperlukan. Untuk itu, menggagas perubahan kurikulum pendidikan 2013 merupakan kebutuhan yang mendesak untuk segera dilaksanakan.

Geografi merupakan pelajaran yang dapat meningkatkan siswa untuk bersikap ilmiah berpikir kritis dan kreatif sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.

Kata kunci: pembelajaran geografi, kurikulum 2013.

Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan “Pembelajaran Geografi, Menyongsong Kurikulum 2013″, FIS UM, 8 Juni 2013

Category: Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Leave a Reply