Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR-DASAR KEARSIPAN DI PUSDIKLAT ANRI BOGOR

| April 21, 2017 | 0 Comments

Dalam rangka pengembangan kemampuan sumberdaya manusia (SDM), Fakultas Ilmu Sosial  (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) mengirimkan 2 (dua) orang Tenaga Kependidikan, Lais Purwandi (staf Subag. Umum) dan Dwi Astutik (Staf  Subag. Akademik dan Kemahasiswaan) untuk mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar-Dasar Kearsipan. Kegiatan ini dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan (Pusdiklat) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Bogor pada tanggal 9 – 13 April 2017 diikuti 30 peserta yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia antara lain Bangka Belitung, Natuna, Medan, Riau, Kepulauan Riau, Jakarta, Bogor, Solo, Yogyakarta Malang, Madiun, Kota Waringin, Gorontalo, Poso, Merauke dan sebagainya.

Acara dimulai pada tanggal 10 April 2017 pukul 08.00 WIB yaitu pembukaan yang dilakukan oleh Kepala pusat Diklat ANRI Binner Sitompul, SH, M.Hum yang menyampaikan beberapa hal antara lain tujuan dari diklat ini adalah untuk membangun kompetensi/pengetahuan dasar tentang kearsipan bagi peserta agar mampu memahami teori/konsep dan pengetahuan dasar tentang lingkup kearsipan. Sedangkan tujuannya adalah memberikan pemahaman mengenai teori dan konsep dasar ilmu kearsipan serta menerapkanb pengetahuan dasar kearsipan untuk kepentingan pekerjaan di masing-masing instansinya. Diklat Teknis Dasar-Dasar Kearsipan dalam setahun diselenggarakan 2 (dua) kali dengan menggunakan dana APBN dan dana PNBP. Tingginya kebutuhan Pengelola Arsip tidak sebanding dengan jumlah tenaga yang telah mendapatkan pelatihan, sehingga diselenggarakan diklat dengan sumber dana PNBP dari instansi pengirim. Diklat ini sangat penting bagi SDM  pengelola arsip di instansi terkait, karena untuk mengelola arsip diperlukan tenaga yang berkualitas. Diharapkan dari diklat ini, peserta mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam pengelolaan arsip di instansi masing-masing.

Pembukaan Acara Diklat

Bobot keseluruhan materi diklat berjumlah 35 jam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang terdiri atas 6 mata diklat yaitu: Kebijakan Kerarsipan Nasional dengan Pemateri Drs. Sumrahyadi, MIMS. (Sekretaris Utama ANRI), Pengantar Kearsipan oleh Binner Sitompul, SH, M.Hum, Instrumen Pengelolaan Arsip oleh Drs. Banu Prabowo, M.Si (Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan), Pengelolaan Arsip Dinamis oleh Ibu Nirwa, Pengelolaan Arsip Statis oleh Yayan Daryan, S.AP, M.AP.(Kepala Bidang Pelaksanaan dan Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan) dan Pengelolaan Arsip Berbasis TIK oleh Bapak Budi. Diklat ini ditutup pada tanggal 13 April 2017 pukul 17.00 WIB.

Foto bersama peserta diklat dengan Pemateri Drs. Sumrahyadi, MIMS. dan Yayan Daryan, S.AP, M.AP.

Pemateri Ibu Nirwa memaparkan materi Pengelolaan Arsip Dinamis

Foto bersama peserta diklat dengan Pemateri Drs. Sumrahyadi, MIMS. dan
Yayan Daryan, S.AP, M.AP.

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply