Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFI) DI KAB. BANTUL

| Januari 17, 2011 | 0 Comments

PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN BERBASIS SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFI) DI KAB. BANTUL

Agus Suryantoro

Jurusan Geografi FIS UM

ABSTRAK

Sistem Informasi Pendidikan adalah (entity) kesatuan formal yang terdiri dari berbagai sumber daya fisik maupun logika. Tujuan dari Sistem Informasi Pendidikan ini adalah untuk menyediakan dan mensistematikkan informasi potensi wilayah yang merefleksikan kejadian atau kegiatan dalam suatu lingkup wilayah. Sistem Informasi pendidikan ini juga digunakan untuk mengendalikan data-data pendidikan yang berstruktur cukup kompleks. Sedangkan kegiatannya adalah mengambil, mengolah, menyimpan dan menyampaikan informasi yang diperlukan.

Pengembangan SIG dengan DBMS ini dapat dijelaskan dengan beberapa fakta sebagai berikut: 1 sebagian besar biaya siste perangkat lunak adalah untuk DBMSnya, 2.sebagian besar fungsi dan prosedur dasar yang ada pada SIG sudah disediakan oleh DBMSnya (SIG hanya memanfaatkan yang telah tersedia) jika tidak, fungsi atau prosedure tersebut harus  diprogram khusus untuk SIG, 3. Pada umumnya terdapat 2 pendekatan untuk mengunakan DBMS di dalam SIG:a.Pendekatan solusi DBMS total, yaitu semua data spasial dan non spasial diakses melaui DBMS sehingga data tersebut harus memenuhi asumsi yang telah ditentukan oleh perancang DBMSnya, b.Pendekatan solusi kombinasi, yaitu tidak semua data tabel atribut berikut relasinya diakses melalui DBMS karena data tersebut telah sesuai dengan modelnya.

Sistem Informasi Pendidikan dalam bentuk pemetaan pendidikan ini akan mempermudah pengguna untuk mencari, melihat,  masukan data baru dan atau mengubahnya. Kapabilitas system pendataan pendidikan yang seperti ini sudah barang tentu mempermudah pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan, terlebih lagi guna evaluasi kondisi pendidikan dalam pijakan menuju pendidikan berstandar nasional di semua jenjang dan jenis pendidikan di Kabupaten Bantul.

Kata Kunci :  Sistem informasi geografi (SIG), data base management system (DBMS), sistem informasi pendidikan (SIPd)

Category: Karya Ilmiah, Karya Ilmiah Dosen

About the Author ()

Leave a Reply