Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Seminar Internasional The 8th Internation Conference and Fieldstudy “Rural Research and Planning Group”

| Mei 19, 2017 | 0 Comments

Kawasan pedesaan memiliki potensi yang begitu melimpah dalam berbagai aspek, seperti pariwisata, budaya, pertanian, sumberdaya alam, dan lain sebagainya. Agenda pembangunan secara global melalui konsep Sustainable Development Goal’s (SDGs) diperlukan upaya yang bersifat holistic, inovatif, serta komprehensif dalam mengoptimalkan potensi suatu wilayah khusnya kawasan pedesaan. Beberapa alasan tersebut yang melatar belakangi terbentuknya forum RRPG. Forum tersebut merupakan wadah untuk bertemunya dan dijalinnya kerjasama antara para spesialis  / ahli dan para praktisi pembangunan desa untuk saling tukar pikiran dan menjalin relasi dalam upaya optimalisasi proses pemanfaatan potensi pedesaan.

Kegiatan Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Mei 2017 bertempat di Jurusan Pengembangan Wilayah Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Diantaranya banyaknya peserta yang mengikuti acara ini terdapat salah satu mahasiswa dari Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang yang bernama Farizki Dwitri Nurdiansyah. Terdapat beberapa runtutan acara yang dilaksanakan dalam Seminar RPPG. Diawali dengan registrasi oleh para peserta dan dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan oleh Wakil Rektor I UGM. Agenda pertama yakni penyampaian materi oleh Eko Putro Sandjojo BSEE, MBA (Menteri KPDTT), Prof. Ir. Hassanuddin Z. Abiddin. M.Sc (BIG) dan Prof. Dr. Ibrahim Ngah (Pendiri RPPG) selaku keynote speakers.

Sesi kedua dilanjutkan dengan penyampaian oleh masing-masing pemakalah di setiap sub-tema dari kegiatan Seminar RPPG. Pada kesempatan ini Farizki Dwitri Nurdiansyah memilih tema Rural Natural Resources Management & Spatial Information. Penyampaian pada tema tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Hartono. DEA, DESS. Selain itu para peserta juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya.

Dikegiatan puncak acara Seminar Internasional The 8th Internation Conference and Fieldstudy kegiatan diisi dengan penutupan dan penetapan tempat Seminar RPPG ke 9 yang akan dilaksanakan tahun depan.

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply