Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

Sejarah

Pada awalnya UM bernama Perguruan Tinggi Pen­didikan Guru (PTPG) yang diresmikan pada hari Senin tanggal 18 Oktober 1954. Pada hari Selasa 20 Mei 1964 berdirilah Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS). Berdasarkan PP. No.27 tahun 1981 FKIS berubah menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999 nama IKIP MALANG berubah menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Bersamaan dengan perluasan mandat dari IKIP menjadi universitas maka FPIPS ditiadakan dan berubah menjadi Fakultas Ekonomi. Selain jurusan Ekonomi, jurusan-jurusan yang ada di FPIPS masuk di fakultas lain di lingkungan UM. Jurusan Sejarah masuk Fakultas Sastra (FS),  Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara (PPKN) di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Geografi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Berdasarkan Surat Keputusan  Rektor tanggal 17 Agustus 2009 lahir kembali Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang terdiri dari tiga jurusan yaitu: (1) Jurusan Sejarah, (2) Jurusan Geografi, dan (3) Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan. Dari tiga jurusan tersebut memiliki lima prodi yaitu: (1) Prodi S1 Pendidikan Sejarah, (2) Prodi S1 Ilmu Sejarah, (3) Prodi S1 Pendidikan Geografi, (4) Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, (5) Prodi S2 Pendidikan Geografi, dan (6) Prodi S3 Pendidikan Geografi. Tahun 2012 membuka dua prodi baru yaitu Prodi (7) S1 Geografi, dan (8) S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tahun 2013 membuka lagi dua prodi baru yaitu (9) S1 Pendidikan Sosiologi dan (10) S2 Pendidikan Sejarah. Tahun 2015 FIS mengusulkan prodi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jadi FIS sekarang menaungi 10 Program Studi.