Seluruh Mahasiswa FIS UM wajib memperbarui nomor HP yang aktif dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada profil SIAKAD dan memeriksa kebenaran data pada http://forlap.ristekdikti.go.id/ DEMI MASA DEPAN ANDA

2017 APSSC The 5th Asia Pasific Social Science Conference

| November 13, 2017 | 0 Comments

Pergi ke Jepang gratis!? Mungkin gak sih? Gimana caranya? Ah, gak mungkin. Semua orang pasti memiliki pikiran yang sama seperti saya yakni karena ke Jepang membutuhkan dana yang cukup banyak dan dengan cara apa bisa kesana, sehingga yang menjadi masalah utama adalah dana.Namun saat ini tidak perlu khawatir, kalian bisa ke Jepang gratis dengan adanya bantuan dari Fakultas dan Universitas hanya  dengan membuat karya tulis. Nah, sangat mudah sekali, bukan? Hal tersebut dialami oleh saya sendiri pada tanggal 06-09 November 2017 kemarin.  Nama Saya Faris Rosul Arifin Saya adalah mahasiswa semester 3 Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Alhamdulillah dengan adanya dukungan dari Fakultas dan Universitas saya bisa pergi ke luar negeri khususnya ke Jepang. Kegiatan yang saya ikuti adalah 2017 APSSC THE 5th  ASIA-PACIFIC SOCIAL SCIENCE CONFERENCE yang diselenggarakan oleh Higher Education Forum. Kegiatan ini diselenggarakan selama 4 hari dan diikuti oleh 100 lebih pemakalah se-Asia yang sebagian besar adalah dosen, doctor dan profesor.

Kegiatan pertama pada tanggal 06 November 2017 adalah registrasi pemakalah, cek kelengkapan anggota dan persiapan slide power point dari tiap pemakalah, pada saat itu saya bertemu dengan mahasiswa perwakilan dari kampus di Indonesia yaitu Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia dan Universitas Hasanuddin. Hal tersebut merupakan kesempatan emas buat saya bisa bertemu sekaligus berbagi cerita mengenai penelitian dengan orang-orang hebat dari kampus-kampus ternama Indonesia. Hari Kedua merupakan hari dimana saya memaparkan hasil riset, pemaparan dibagi menjadi 4 ruangan dan 2 sesi. Saya mendapatkan ruangan GINGA dengan sesi yang ke-2 yaitu siang jam 14.00. wib. Tibalah pada pemaparan saya tentu sangat gugup sekali karena berdiri didepan dosen, proffessor dan doctor dari berbagai belahan dunia namun tetap saya paparkan dengan lantang dan penuh percaya diri. Akhir dari sesi pemaparan tentu saja audience sangat aktiv sekali sehingga banyak pertanyaan yang saya dapatkan, pertanyaannya sangat kritis namun alhamdulillah masih bisa dijawab dan menjadi evaluasi dan tindak lanjut dari paper saya hati merasa sangat puas alias plong banget ketika selesai presentasi, kemudian dilanjuutkan dengan pemaparan dari paper yang lain.

Hari ketiga dilanjutkan dengan pemaparan dari pemakalah mengenai Teknik, Psikologi, Elektro, dll. Sama seperti hari kedua namun dengan subtema yang berbeda dan hari keempat merupakan akhir dan penutup dari kegiatan adalah One Day Trip atau acara jalan-jalan mengenali budaya dan bangunan-bangunan di Fukuoka Jepang, contoh Fukuoka Tower, Ohari park dan beberapa tempat yang sulit dihafal namanya banyak sekali hal-hal baru yang saya temui di Jepang terutama mengenai budaya kesadaran diri mengenai lingkungan, saling menghormati dan lain-lain. Saya masih harus belajar banyak dari negara maju yang bernama Jepang untuk bisa diterapkan diterapkan di Indonesia.

Category: Berita, Galeri

About the Author ()

Leave a Reply