Cahyaningtyas Dyah Puji Astuti

Praktek Berorganisasi Pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung.

ABSTRAK

Puji Astuti, Cahyaningtyas, Dyah. 2010. Praktek Berorganisasi Pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suparlan, M.Si, (II) Nuruddin Hady, S. H, M. Hum.

Kata Kunci: berorganisasi, OSIS.

Berlangsungnya praktek belajar tidak terlepas dengan lingkungan sekitar. Belajar tidak hanya terbatas pada empat dinding kelas saja, belajar juga dapat diimplementasikan pada partisipasi peserta didik di lingkungan sekitarnya seperti ikut dalam salah satu organisasi sekolah. Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/O/1992, menyebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS (Organisasis Siswa Intra Sekolah).
Pengembangan peserta didik tersebut dapat diwadahi dalam organisasi sekolah ini. Partisipasi peserta didik dalam kegiatan OSIS dapat menjadi salah satu tempat belajar berorganisasi dan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, serta mengimplementasikan pengetahuan yang didapatnya dari kegiatan belajar di kelas. Demikian halnya dengan OSIS di SMP Negeri 1 Tanggunggunung Tulungagung.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanggunggunung Tulungagung dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Proses perekrutan pengurus OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung, (2) Jalannya kepemimpinan pada OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung, (3) Program kerja OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung, (4) Kendala yang dihadapi pengurus dalam melaksanakan program kerjanya di OSIS SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung, (5) Cara mengatasi kendala yang dihadapi pengurus OSIS dalam menjalankan program kerjanya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena berusaha mengungkapkan gejala secara menyeluruh dan sesuai dengan konteks melalui pengumpulan data dan latar belakang alami dengan memanfaatkan diri sebagai instrumen kunci tentang bagaimana praktek berorganisasi pada OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Penetapan pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa peneliti ingin mengemukakan fenomena-fenomena yang ada dengan kondisi yang terjadi di lokasi penelitian tanpa adanya rekayasa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses perekrutan pengurus OSIS di SMPN 1 Tanggunggunung dilakukan melalui pemilihan langsung dari masing-masing kelas. Tiap kelas memilih dan menetapkan dua orang siswa sebagai perwakilan kelasnya untuk didelegasikan sebagai calon pengurus OSIS. (2) Gaya kepemimpinan yang dijalankan oleh Ketua OSIS SMPN 1 Tanggunggunung ini merupakan gaya kepemimpinan yang demokratis. (3) Program kerja yang disusun oleh pengurus OSIS secara garis besar berkaitan dengan kegiatan peringatan hari besar nasional, peringatan hari besar agama dan kegiatan bakti sosial. (4) Tidak banyak kendala yang dihadapi oleh pengurus OSIS dalam dua bulan awal kepengurusan menjalankan program kerjanya. Hanya saja masalah koordinasi.

Unduh dokumen: PDF | PPT | DOC |PS