Mahasiswa Jurusan  Pendidikan Geografi Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Sosial UM melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan I (KKL I)   ke Taman Wisata Baluran, Ranu Grati dan Pantai Bentar tanggal 11 – 12 April 2011 yang diikuti oleh 184 mahasiswa dan dibimbing oleh 8 dosen pembimbing yaitu Drs. Dwiyono Hari Utomo,M.Pd, M.Si; Drs. Marhadi Slamet K, M.Si; Prof. Dr. Sugeng Utaya, M. Si; Drs. Hendri Purwito, M. Si, Drs. Timotius Suwarno, M. Pd; Drs. Sudarno Herlambang, M. Si; Drs. Didik Taryana, M. Si dan Drs. Djoko Soelistijo, M. Si.
Tujuan dari kegiatan ini adalah: (1) Memahami dengan jelas hakikat ilmu Geografi, dengan melihat fenomena-fenomena geografi di lapangan, (2) Meningkatkan kemampuan berpikir, bernalar serta dalam mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari aspek fisik dan social Geografi, (3) Memupuk solidaritas antar mahasiswa Geografi angkatan 2010, (4) Melaksanakan program kerja jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang.
Target Kegiatan dalam Kuliah Kerja Lapangan I ini adalah merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai upaya mencetak sarjana, pengajar maupun insan geografi yang memhami hakekat ilmu Geografi secara mendalam dan mampu mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Tempat yang dituju dalam kegiatan ini adalah: Taman Wisata Baluran, Ranu Grati dan Pantai Bentar.