Hari ini, Kamis 10 Oktober 2013, dilaksanakan Kuliah Tamu Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UM di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Kuliah Tamu ini dihadiri oleh pembicara Dr. Asep Karsidi, M.Sc, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan membawakan kuliah tamu bertema “Peran Geografi dalam Pembangunan dan Pemanfaatan Informasi Geospasial”. Acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Fakultas Ilmu Sosial, Pimpinan dan Dosen Jurusan Geografi FIS UM dan Mahasiswa di Lingkungan Jurusan Geografi yang berjumlah lebih dari 300 peserta.

Dalam kuliah tamu ini, antara lain disampaikan materi-materi sebagai berikut:

  1. Geografi dan teknologi, sistem satelit observasi bumi, Global Positioning System (GPS), Geographic Information System (GIS).
  2. Informasi Geospasial
  3. Geografi sebagai pengetahuan umum dan sebagai disiplin ilmu pengetahuan.
  4. Pendekatan analisis Geografi, spatial, ecological, dan regional complex analysis.
  5. Peran Geografi dalam pembangunan dan pemanfaatan informasi geospasial di berbagai bidang di Indonesia.
  6. Peran Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai: a. Penyelenggara informasi geospasial dasar; b. Pembina informasi geospasial tematik; c. Penyelenggara infrastruktur informasi geospasial.

Di samping menyampaikan kuliah tamu, kehadiran Dr. Asep Karsidi, M.Sc., sebagai Kepala Badan Informasi Geospasial di Fakultas Ilmu Sosial ini diharapkan dapat menjembatai prose kerjasama akademik maupun non-akademik antara Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UM dengan Badan Informasi Geogspasial, utamanya dalam hal sumber daya maupun penunjang pembelajaran Geografi dan Penjajakan peluang PKL, magang dan Kerjasama bagi para Alumni Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial UM.

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., dan acara kuliah tamu dimoderatori oleh Drs. Rudi Hartono, M.Si.