PENINGKATAN PROFESIONALISME DOSEN MELALUI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN: DASAR – DASAR ILMU PENGETAHUAN

 G.M. Sukamto, DN

S-1 Prodi Pendidikan IPS, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan mengkomunikasikan strategi peningkatan profesionalisme dosen dalam pembelajaran Dasar- Dasar Ilmu Pengetahuan  dalam Filsafat Ilmu pada mahasiswa calon Guru Pendidikan Sejarah. Upaya memberdayakan, mengaktualisasi potensi, mewujudkan kompetensi sehingga mampu berkompetisi dengan bangsa- bangsa lain se Asean Economic Community (AEC) khususnya dan bangsa- bangsa di dunia pada umumnya. Baik secara teoritik maupun praktik Lesson Study dipandang mampu mengisis adanya kekosongan inovasi dan kreasi dalam bidang pembelajaran. Menumbuhkan mutual understanding dan mutual learning, sehingga terbentuk suatu Community Learning yang saling memberdayakan, berkesinambungan menjadi kebutuhan yang mendeesak. Kesadaran kolegialitas dan kolaborasi dalam mengekspresikan dan mengaktualisasikan inovasi dan kreasi ke dalam Community Learning dosen meniliki urgensi dan signifikasi. LS sekaligus meruntuhkan mitos tentang tembok – tembok mistis dosen senior, unior, bahwa dosen unior tidak berkulatias dan sebaliknya hanya dosen senior yang berkualitas, walaupun tidak menampik pengalaman merupakan guru kehidupan yang berharga.

Kata Kunci: Profesionalisme dosen, Kualitas Pembelajaran, Dasar – Dasar Ilmu Pengetahuan, Problem Based Learning.

Artikel ini disajikan pada Seminar Lesson Study, 27 November 2013, FIS UM, ISBN 978-602-9461-62-6