PERBEDAAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH GEOSPASIAL

Endang Surjanti dan Bagus Setiabudi Wiwoho

Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

 Abstrak: Pendidikan di Perguruan Tinggi mempunyai dua tujuan, yaitu mempersiapkan kompetensi mahasiswa untuk profesional  dalam menghadapi dunia kerja dan mengemabngan manusia yang literal ilmu dan teknologi. Kompetensi yang sesuai dan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai akan membantu mahasiswa dalam mengembangkan diri untuk hidup dalam masyarakat sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka perlu dikembangkan pembelajaran yang benar akan berdaya guna apabila disesuaikan dengan jenis materi dan karakteristik dari pembelajar. Selain itu pemilihan stategi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan pembelajarn yang ingin tercapai. Tidak ada satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk semua jenis mata kuliah dan semua individu belajar. Pemahaman terhadap materi ajar berbeda tergantung pada tingkat kognitif yang akan dicapai. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan pembelajaran Problem Salving dan Direct Instruction dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan memcahan masalah Geospasial dan (2)Untuk mengetahui tingkat signifikan perbedaan metode pembelajaran Problem Salving dan Direct Instruction dalam meningkatkan kemampuan memcahkan masalah terkait dengan Geospasial.

Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan antara Post Problem Salving dan  Post Direct Instruction tidak ada perbedaan yang signifikan, karena F hitung lebih kecil dari F kritisnya. Nilai F hitung sebesar 2.021 dan signifikan pada level 0,162. Karena nilai Fhitung> Ftabel maka dapat diambil keputusan untuk menerima H0 dan menolak H1 atau dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran Problem Salving yang akan dilaksanakan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran Direct Instruction yang dilaksanakan pada kelas Kontrol.

Kata kunci: Pembelajaran Problem Salving, Hasil Belajar, Memecahkan Masalah, dan Geospasial.

Makalah disajikan pada Seminar Nasional PIT IGI XIV, UNDIKSHA, 11-12 Nopember 2011, ISBN 978-602-8310-72-7