METODE EKSPERIMEN DALAM PENGAJARAN DASAR-DASAR ANTROPOLOGI DALAM KEGIATAN LESSON STUDY

I Dewa Putu Eskasasnanda
Prodi Pendidikan Ihnu Pengetahuan Sosial, FIS Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang

 Abstrak: Makalah ini bertujuan menjelaskan mengenai pelaksanaan LS dalam mata kuliah dasar-dasar antropologi di prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembahasan berfokus pada penggunaan metode eksperimen dalam pengajaran unsur-unsur kebudayaan dalain antropologi. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan lembar kerja mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan LS di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang mampu memperbaiki kualitas pembelajaran melalui upaya saling belajar antar para dosen yang kemudian mendorong penciptaan inovasi baru dalam metode pembelajaran sesuai dengan bidang ihnu yang digeluti. Metode eksperimen adalah metode yang tepat untuk mengajarkan tema-terra antropologi di perguruan tinggi karena dapat dipakai sebagai alat menyadarkan para mahasiswa bahwa kebudayaan tidak berada jauh di luar diri mereka tetapi telah ada di dalarn diri secara tidak disadari.

Kata Kunci: metode eksperimen, lesson study, antropologi

Makalah disajikan pada Seminar Nasional Lesson Study 2014 “Perluasan Implementasi Lesson Study untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Lain UM, serta Pembelajaran PKn – IPS SMP Kabupaten Malang Tahun II″, FIS UM, 27 November 2014