Ideologi Pancasila merupakan hasil filsafah pendiri Negara, Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia. Munculnya faham – faham baru mungkin akan menenggelamkan Ideologi Pancasila pada pusaran arus globalisasi. Oleh karena itu makan diadakannya kegiatan Bedah Buku ini.

Bedah Buku Ideologi Pancasila Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) pada tahun ini diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 15 Maret 2016, bertempat di Aula Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang.  Acara ini dihadiri oleh Dr. I Nyoman Ruja, S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM, Prof Dr. Hariyono, M.Pd sebagai pemateri serta Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd sebagai pembanding dan diikuti sebanyak 100 peserta.

Dimulai dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, sambutan oleh Muhammad Farid Sulthoni selaku Ketua Pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. I Nyoman Ruja, S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM dan Drs. Suparlan AL Hakim, M.Si.

Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Bedah Buku, pembanding materi Bedah Buku dan sesi tanya jawab. Acara diakhiri dengan pengumuman panita dan pembacaan doa.