Sabtu, 19 Maret 2016 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sejarah “Jas Merah” Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan Workshop Penulisan Jurnal dengan tema “Menggoreskan Jejak – Jejak Sejarah Melalui Karya Tulis Ilmiah”.

Diadakan di ruang 13.102 FIS UM, dan diikuti oleh 60 peserta. Acara ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan sambutan, sambutan pertama oleh Fada Zulfahnur selaku Ketua Pelaksana, sambutan kedua oleh M. Fharizal Ardiansyah selaku Ketua HMJ Sejarah “Jas Merah” dan sambutan terakhir oleh Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 3 pemateri, yakni tentang artikel non – penelitian, artikel penelitian, dan kesejarahan. Materi pertama dibawakan oleh M. Nurfahrul Lukmanul Khakim, S.Pd dengan menyampaikan materi non – penelitian, materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena setiap harinya pasti menulis artikel non – penelitian di dalam hamper semua matakuliah.

Materi kedua dibawakan oleh Rintahani Johan Pradana, S.Pd dengan menyampaikan materi penelitian. Dalam sesi materi ini, pemateri menyampaikan bahwa mengerjakan artikel penelitian sangatlah menyenangkan karena kita bisa terjun langsung ke lapangan untuk melihat hasilnya. Selain itu materi ini tak kalah bermanfaatnya karena berguna sebagai pedoman mahasiswa dalam menyelesaikan penyusunan skripsi nantinya.

Materi terakhir disampaikan oleh Daya Negeri Wijaya, S.Pd., M.A dengan menyampaikan materi Kesejarahan. Materi ini merupakan materi utama dikarenakan kesejarahan adalah kunci dasar untuk menuliskan artikel di semua bidang kesejarahan.

Acara penyampaian materi ini di akhiri dengan proses tanya jawab dari para peserta. Peserta sangat antusian dalam sesi ini untuk menayakan apa yang sekiranya kurang mereka pahami.

Setelah dirasa cukup acara dilanjutkan dengan pembuatan artikel, pada kesempatan kali ini peserta diminta untuk menuliskan judul dan abstrak sesuai jenis pengelompokan materi yang telah dibahas. Acara workshop ini ditutup pada pukul 13.00 WIB dengan pembacaan doa.