Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) pada tanggal 25 Mei 2016 telah menyelenggarakan Olimpiade Sosiologi se-Jawa Timur dan Workshop dengan tema “Transformasi Pembelajaran dan Transformasi Pendidikan Dalam Masyarakat Kontemporer Menyongsong MEA”.

Olimpiade Sosiologi se-Jawa Timur dan Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan menjadi ajang kompetisi ilmiah bidang sosiologi antar siswa SMA / MA se-Jawa Timur, Menciptakan iklim akademik yang kompetitif dan sehat antar sekolah khususnya bidang sosiologi untuk memacu semangat berprestasi, meningkatkan minat siswa, guru dan sekolah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya terutama pada bidang studi sosiologi, dan mempererat jalinan kerjasama dan kemitraan antara UM dengan sekolah, khususnya jenjang SMA / MA se-Jawa Timur.

Berlangsung pada tanggal 25 Mei 2016 bertempat di aula perpustakaan Universitas Negeri Malang, acara ini diikuti oleh 115 peserta siswa siswa SMA / MA se-Jawa Timur. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan menyanyikan Indonesia Raya dan doa, selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr. Ach. Amirudin, M.Pd selaku Wakil Dekan I FIS UM dan Drs. Irawan, M.Hum selaku Ketua Jurusan Sosiologi FIS UM. Dalam sambutannya beliau memberikan semangat kepada peserta dan informasi mengenai profil FIS UM khususnya Jurusan Sosiologi.

Acara ini juga dihadiri oleh para dosen Sosiologi diantaranya Dr. Abd. Latif Bustami, M.Si, Drs. Nur Hadi, M.Pd., M.Si, Waskito, S.Sos., M.Hum, Anggaunitakiranantika, S.Sos., M.Sosio, Abdul Kodir, S.Sosio., M.Sosio.

Setelah itu disampaikan pengarahan teknis kegiatan olimpiade yang meliputi tempat berlangsungnya olimpiade, tata tertib, penyampaian waktu dan babak apa saja yang akan di tempuh peserta.

Pukul 09.00 WIB para peserta diarahkan menuju di Gedung FIS UM tempat olimpiade berlangsung dan para pendamping siswa diharap untuk mengikuti workshop di aula perpustakaan UM. Kegiatan workshop ini diberikan dengan tujuan memberikan wawasan dan ilmu kepada para guru dan mengisi waktu luang sembari menunggu peserta didiknya selesai olimpiade. Materi workshop kali ini bertema Peran Ilmu Sosial dan Humaniora dalam Menyambut MEA yang disampaikan oleh Drs. Muhadjir, M.A dan Kepala P4TK PKN dan IPS.

Setelah peserta sampai di tempat tes olimpiade, acara langsung dimulai dengan pelaksanaan tes I, para peserta mengerjakan soal tes olimpiade sebanyak 100 soal dengan waktu 2 jam dan dikoreksi oleh tim naskah.

Dan peserta yang lolos pada tahap 1 peserta mengikuti tes tahap II atau tahap studi kasus dan mengerjakan soal tes ini selama 1 (satu) jam lamanya, dimulai pada pukul 12.00 – 13.00. Para peserta sangat semangat dan cukup menguasai soal soal yang diberikan, mereka juga sangat teliti dalam menjawab soal – soal yang diberikan. Para peserta diberi waktu untuk istirahat selama satu jam lamanya sembari menunggu hasil dari tes tahap II.

Pada pukul 14.00 peserta yang masuk dalam tes III hanya terpilih 5 peserta untuk memperebutkan juara. Tes III ini diisi dengan debat. Debat ini berlangsung selama 90 menit dengan diakhiri dengan penjurian untuk menentukan pemenang dan peserta lomba diarahkan kembali menuju aula perpustakaan UM tempat acara pembukaan berlangsung tadi.

Acara Olimpiade Sosiologi se-Jawa Timur dan Workshop ini ditutup dengan doa dan pengumuman pemenang pada pukul 16.00 WIB.