Jurusan Sosilogi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan studi banding ke Jurusan Sosiologi FISIPOL Universitas Andalas Padang pada tanggal 19 Mei 2016. Acara ini diikuti Drs. Nur Hadi, M.Pd (Sekretaris Jurusan Sosiologi FIS UM) dan diterima oleh para dosen Jurusan Sosiologi Universitas Andalas di bawah pimpinan Ketua Jurusan Bapak Jendrius.

Dasar pemikiran dipilihnya  Jurusan Sosiologi FISIPOL Universitas Andalas Padang sebagai tempat studi banding adalah  karena jurusan tersebut dipandang sudah cukup maju dan mandiri serta unggul,  relatif sudah cukup tua usianya (berdiri sejak 1980), dan sudah mampu mengadakan berbagai kegiatan yang berskala nasional, seperti Konferensi Nasional APSSI, Seminar Nasional, dan lain-lain. Khususnya dalam hal ini studi banding lebih berfokus pada pengembangan laboratorium Jurusan Sosiologi. Pengalaman dalam pengembangan Jurusan Sosiologi FISIPOL Universitas Andalas Padang akan sangat berguna bagi pengembangan Jurusan Sosiologi FIS-UM sebagai jurusan yang baru.

Hasil Kunjungan/ Studi banding:

  1. Pengembangan laboratorium Jurusan Sosiologi dapat dilakukan dengan mengembangkan dua ujung tombak sekaligus, yaitu pengembangan laboratorium alam, sekaligus pengembangan laboratorium jurusan.
  2. Laboratorium Jurusan menempati sebuah tempat yang tersendiri, tempat buku-buku referensi yang berhubungan dengan sosiologi ditampung dan difungsikan oleh civitas akademika secara optimal. Di dalamnya terdapat ruang baca dan berbagai karya tulis, baik umum, karya dosen maupun mahasiswa.
  3. Laboratorium Jurusan Sosiologi difungsikan sebagai dapur dari jurusan dalam menyimpan dan memberdayakan aktifitas akademik para dosen maupun mahasiswa.

Foto 1: aktifitas di dalam laboratorium Jurusan Sosiologi FISIPOL  Universitas Andalas

Foto 2: Berbagai buku sosiologi menghiasi laboratorium Jurusan Sosiologi

Foto 3: Aktifitas mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIPOL sedang membaca di laboratorium

Foto 4: Ketua Jurusan Sosiologi FISIPOL Universitas Andalas (pojok belakang baju biru) menjelaskan tentang keadaan Jurusan Sosiologi beserta laboratorium yang ada