Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan rapat koordinasi kedinasan pada hari Jum’at tanggal 27 Mei 2016 bertempat di Ruang Sidang FIS UM. Acara ini diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) sejumlah 30 orang pegawai. Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk merefleksi semua kegiatan yang telah dilakukan FIS UM sampai dengan bulan Mei 2016.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB  dan berakhir pada pukul 11.00 WIB, dibuka dengan pengarahan oleh Wakil Dekan (WD)  II FIS Dr. Sri Untari, M.Si yang menyampaikan beberapa hal antara lain: Semester Genap 2015/2016 telah berakhir sehingga FIS perlu menyiapkan diri untuk menyambut Semester Gasal 2016/2017. Kegiatan-kegiatan yang telah selesai dilaksanakan oleh FIS UM perlu direfleksi, apakah kegiatan tersebut telah sukses dilaksanakan atau menemui kendala dalam pelaksanaannya.  Dalam kesempatan ini pula WD II FIS mengingatkan bahwa kegiatan yang belum dilaksanakan dan tertuang di kontrak antara Dekan FIS dengan Rektor UM perlu segera direalisasikan. Oleh karena itu tenaga kependidikan harus bekerja secara maksimal sesuai dengan tupoksi masing-masing tanpa harus ada perintah dari atasan, artinya setiap orang harus mempunyai tanggung jawab terhadap realisasi pekerjaan sesuai dengan Satuan Kinerja Pegawai (SKP) yang telah ditandatanganinya. Selanjutnya pengarahan dari Wakil Dekan I FIS UM Dr. Ach. Amirudin, M.Pd yang menyampaikan pengarahan antara lain tupoksi ibarat buah yang dipotong-potong. Apabila potongan tersebut habis berarti semua pekerjaan telah dikerjakan. Oleh karena itu setiap pegawai harus tahu betul tupoksi masing-masing sehingga dapat bekerja secara maksimal. Dalam kesempatan ini pula WD 1 FIS menyampaikan bahwa Semester Gasal 2016/2017 FIS akan menerima mahasiswa baru, oleh karena itu semua sarana dan prasarana perlu disiapkan mulai dari ruang kelas, LCD, kursi dan alat tulis kantor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran. Suasana kerja yang nyaman perlu diciptakan agar para pegawai dapat berkinerja dengan baik, oleh karena itu rapat koordinasi ini akan diadakan secara rutin agar apabila ada masalah segera dapat dicarikan jalan keluar.

Kasubag. Akademik dan Kemahasiswaan FIS Eko Wahyu Setiawan, S.S menyampaikan beberapa hal diantaranya bahwa untuk meningkatkan kualitas website FIS, maka setiap jurusan harus berkontribusi untuk pengembangannya. Oleh karena itu operator web di tingkat jurusan harus mencurahkan perhatian agar semua aktivitas yang terjadi di jurusan dapat disebarluaskan melalui website. Sinergi antara sub bagian di FIS yaitu antara sub bag Akademik dan Kemahasiswaan  dan sub bag. Umum perlu ditingkatkan, agar semua kegiatan dapat berlangsung dengan sukses dan lancar. Kasubag. Umum FIS Sri Mutmainah, S.IP mengutarakan beberapa hal antara lain umat muslim sebentar lagi memasuki puasa Ramadhan. Diharapkan melalui ibadah ini semua pegawai FIS dapat meningkatkan disiplin terutama dalam hal pekerjaan dan jam kerja.

Pengarahan terakhir dari Dekan FIS, Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, yang memberikan pengarahan tentang beberapa hal diantaranya FIS harus menciptakan suasana kerja yang sehat. Masalah yang melibatkan perasaan adalah masalah yang paling sulit untuk diselesaikan. Oleh karena itu dengan terciptanya lingkungan kerja yang sehat diharapkan FIS mampu merealisasikan semua program kerja yang telah direncanakan di tahun 2016 ini. Ke depan visi FIS untuk menjadi fakultas yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan bidang pendidikan dan pembangunan ilmu sosial harus diwujudkan melalui berbagai produk unggulan yang dihasilkan dari laboratorium semua jurusan yang ada di FIS.