Untuk meningkatkan ikatan kekeluargaan antar pegawai, baik yang masih aktif maupun yang sudah purna tugas dan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 H,  Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Halal Bihalal Keluarga Besar FIS UM yang diselenggarakan pada tanggal 13 Juli 2013 bertempat di gedung baru FIS.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB  dan berakhir pada pukul 13.00 WIB, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quar’an yang dilantunkan oleh Ahmad Nuril Mubtadin mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) dengan Saritilawah Fefian Tri Wahyu Wit Kurnia Ningsih dari jurusan yang sama. Surat yang dibaca adalah Surat Ali Imron ayat 132 – 135.

Acara selanjutnya yaitu sambutan Dekan FIS yang diwakili oleh Wakil Dekan 1 FIS Dr. Ach. Amirudin, M.Pd. Dalam sambutannya WD 1 menyampaikan bahwa perjalanan proses pembelajaran, berkat kerja keras semua civitas akademika mulai dosen, tenaga kependidikan dan organisasi mahasiswa, telah berkembang dengan sangat pesat. Hal ini dapat dilihat secara fisik dengan selesainya pembangunan gedung baru FIS dengan 7 (tujuh) lantai yang terdiri dari 60 ruang kelas, ruang laboratorium semua jurusan dan ruang perpustakaan. Gedung I3, I4 dan I5 tetap kita lestarikan karena masuk dalam cagar budaya UM. Untuk meningkatkan keimanan keluarga besar FIS, pada bulan Ramadhan kemarin tepatnya tanggal 1 Juli 2016 telah diresmikan Mushola FIS UM. FIS senantiasa meningkatkan suasana akademik yang kondusif dengan menciptakan suasana kampus yang nyaman seperti penataan taman di lingkungan FIS yang sangat indah, penambahan titik-titik hot spot untuk memudahkan mahasiswa mengakses internetSemua itu bertujuan agar semua mahasiswa kerasan di kampus sehingga  prestasi mahasiswa maksimal baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Hikmah halal bihalal disampaikan oleh Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd dari Jurusan Sastra Arab Fakultas sastra UM. Kegiatan ini diakhiri dengan bersalam-salaman untuk saling memaafkan.