MTQ Mahasiswa Regional ke IV Tahun 2016 telah diselenggarakan di Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Acara ini diikuti oleh 630 mahasiswa dari 64 PTN dan PTS di Jawa Timur. Kegiatan ini bertemakan “Internalisasi Nilai – Nilai Qur’an Dalam Rangka Membentuk Manusia yang Beriman dan Bertaqwa, Berilmu dan Berakhlaq Mulia”.

Dalam kesempatan ini Universitas Negeri Malang (UM) berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan beberapa mahasiswa sebagai peserta dalam beberapa cabang lomba yang salah satunya merupakan Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) yang bernama M. Alifuddin Ikhsan.

Kegiatan ini dimulai dengan pemberangkatan dari UM oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd selaku Rektor UM. Sebelum memberangkatkan para peserta diberikan motivasi agar semangat dan percaya diri dengan kemampuannya saat lomba nantinya.

Acara MTQ Mahasiswa Regional ke IV Tahun 2016 ini diselenggarakan mulai tanggal 19 Juli 2016 sampai dengan 21 Juli 2016. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Bupati Kabupaten Bangakalan dan Rektor UTM. Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian lomba-lomba.

M. Alifuddin Ikhsan ditemani Tsania Nur Diana dari FMIPA UM mengikuti cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran dan harus bersaing untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan sunguh-sungguh, kemampuan yang mumpuni, pengalaman yang tidak sedikit, dan percaya diri akhirnya M. Alifudin Ikhsan dan Tsania Nur Diana mendapatkan Juara 1 cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran.