Menumbuhkan Kembali Kemampuan Spasial Mahasiswa dalam “GRAPHICACY” melalui Studi Pembelajaran di Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang
Ardyanto Tanjung
Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang
Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran penerapan studi pembelajaran (Lesson Study) di Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang pada Matakuliah Geografi Lingkungan. Penelitian ini berfokus kepada penggunaan grafis (Graphicacy) sebagai media dalam mengkomunikasikan materi, menyampaikan ide, gagasan, dan kritik sebagai respon terhadap fenomena geosfer yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan penerapan studi pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan analisis dokumentasi serta hasil kerja mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grafis menumbuhkan kemampuan spasial mahasiswa dalam kerangka studi pembelajaran.
Makalah lengkap dapat dilihat di sini Prosiding LS 2014