Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Nasional Cinta Sejarah (PENTAS) tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pemilihan FIS UM sebagai tuan rumah dilatar belakangi kualitas Jurusan Sejarah yang sangat bagus dan tersedianya sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Terpilihnya Kota Malang sebagai tempat kegiatan karena Komunitas Sejarah di Kota Malang yang besar juga ketersediaan situs-situ sejarah yang lengkap.

Acara ini berlangsung selama 5 (lima) hari mulai tanggal 1 September sampai dengan tanggal 5 September 2016. Kegiatan  ini dibuka oleh Dekan FIS UM yang diwakili oleh Wakil Dekan I FIS Dr. Ach. Amirudin, M.Pd yang didampingi oleh perwakilan Direktur Sejarah Indonesia Dra. Triana Wulandari, M.Si. bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial UM. Serangkaian acara dalam perhelatan ini antara lain: (1) lomba-lomba untuk siswa SMA dan mahasiswa yang terdiri atas: 1) lomba karya ilmiah sejarah, 2) lomba komik sejarah, 3) lomba cerdas sejarah, 4) lomba tutur sejarah; (2) nonton bersama film documenter sejarah; (3) kunjung situs ke Candi Singosari Malang dan (4) sarasehan dan lomba dialog sejarah dengan narasumber Prof Dr. Aminuddin Kasdi MS sejarawan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd  sejarawan Universitas Negeri dan Wakil Rektor 1 UM, Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.,Si. sejarawan Universitas Negeri dan Bapak Pamuji pelaku peristiwa perang kemerdekaan di Malang tahun 1945 – 1949. Sarasehan ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UM, Pemerhati Sejarah di Malang, guru-guru Sejarah di Malang dan seluruh dosen Sejarah FIS UM.

Penutupan acara dilakukan pada tanggal 5 September 2016, pada pukul 18.00 WIB – 21.00 WIB bertempat di Aula FIS UM yang ditutup langsung oleh Direktur Jenderal  Sejarah Indonesia Hilmar Farid, Phd.