Jumat tanggal 21 Oktober 2016 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang telah menyelenggarakan Pelatihan Etika dan Etos Kerja Ormawa Tahun 2016. Pelatihan di dihadiri oleh 100 peserta yang terbagi dari 10 peserta dari DMF IS, 15 peserta dari BEM FIS, 15 peserta dari HMJ HKn “Merah Putih”, 15 peserta HMJ Geografi “Volcano”, 15 peserta dari HMJ Sejarah “Jas Merah”, 15 peserta dari HMP IPS, 15 peserta dari HMJ Sosiologi.

Tak lupa para undangan juga turut menghadiri kegiatan tersebut diantaranya Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III, Suparman S.Sos., M.AP selaku Kabag Tata Usaha, Sri Mutmainah S.IP selaku Kasubag Umum, Eko Wahyu Setiawan S.S selaku Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah Meningkatkan etika pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) FIS UM dalam berorganisasi, Menumbuhkan rasa saling menghargai diantara para mahasiswa dan civitas akademika di lingkungan FIS UM, Menumbuhkan sikap optimis dan Mengembangkan  semangat dalam diri pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) FIS UM,  Mengembangkan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Sosial UM, Meningkatkan rasa tanggung jawab pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) FIS UM.

Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 13.00 setelah para peserta sudah memasuki tempat berlangsungnya kegiatan. Pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan doa sebagai rangkaian awal kegiatan, dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan III.

Pukul 13.30 masuk pada acara inti yaitu pemberian materi kepada peserta pelatihan. Pemateri pada Pelatihan Etika dan Etos Kerja Ormawa Tahun 2016 adalah Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd merupakan dosen Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Materi dikemas secara simple namun terlihat apik dan jelas, tidak berbelit namun mengena.

Para peserta nampak sangat serius saat materi disampaikan, terlihat jelas bahwa mereka sangat ingin tahu bagaimana etika dan etos yang harus dilakukan sebagai anggota ormawa. Pemberian materi diakhiri dengan poses tanya jawab dan ditutup pada pukul 14.45 dan acara ditutup pada pukul 15.00 dengan pembacaan doa sebagai rasa syukur bahwa kegiatan telah berjalan lancar hingga akhir.