Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dalam rangka studi kampus dari  SMA Al Ma’hadul Islami Bangil Pasuruan pada tanggal 22 Februari 2017.  Kegiatan ini bertempat di Aula FIS Utama UM dan diikuti oleh 63 siswa kelas XI IPS  dan 6 orang guru pendamping. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan  bagi siswa tentang perkuliahan dan memberikan gambaran realita ilmu pengetahuan di universitas,

Acara ini berlangsung mulai jam 09.00 WIB sampai dengan jam 12.00 WIB. Dimulai dengan sambutan Dekan FIS yang diwakili oleh Kasubag. Akademik dan Kemahasiswaan, Eko Wahyu Setiawan, S.S yang mengucapkan selamat datang bagi keluarga besar SMA Al Ma’hadul Islami Bangil Pasuruan di Fakultas Ilmu Sosial UM. Perwakilan dari tamu mengemukakan beberapa hal antara lain tema kegiatan study kampus ini adalah “Mengembangkan Jiwa Berpikir Kritis sesuai Realita Lapangan”. Sangat penting bagi siswa kelas XI untuk mendapatkan wawasan, program studi apa yang akan mereka tempuh selepas dari SMA, bagaimana caranya untuk menjadi mahasiswa di UM, program studi apa saja di UM yang dapat menjadi pertimbangan siswa untuk ditempuh khususnya yang ada di FIS.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi oleh Kasubag. Akademik dan Kemahasiswaan berupa penayangan profil UM, profil FIS dan penayangan kegiatan mahasiswa FIS. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab, terlihat guru dan siswa sangat aktif bertanya. Beberapa pertanyaan penting antara lain apa beda program studi dan jurusan, bagaimana cara menjadi mahasiswa UM, beasiswa apa saja yang dapat diperoleh oleh mahasiswa, apa saja program studi yang ada di FIS dan bagaiamana peluang prodi tersebut dalam persaingan lapangan pekerjaan dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan tali silaturahmi ditandai dengan pertukaran cinderamata oleh UM dan SMA Al Ma’hadul Islami.  Kegiatan ini diakhiri dengan kunjangan santri ke laboratorium semua jurusan di lingkungan FIS UM.

Para Siswa dan Guru sedang Menyimak Pemaparan Materi

Para Siswa, Guru dan Kasubag. AKAMAWA FIS melakukan foto bersama