Hari Kamis, tanggal 18 Mei 2017 merupakan hari yang ditunggu – tunggu bagi para Tim PKM 5 Bidang FIS UM di Danai Tahun 2017, karena pada hari itu diselenggarakan kegiatan monev internal tingkat fakultas PKM 5 Bidang di Danai 2017 FIS UM Goes to PIMNAS. Kegiatan ini diikuti oleh 6 kelompok dengan jumlah 24 orang dengan didampingi oleh Dosen Pendamping masing – masing, tak itu saja, kegiatan ini juga dihadiri pula oleh beberapa tamu undangan yang diantaranya Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III FIS UM, Dra. Yuswanti Ariani, M.Si selaku Tim Penalaran Pusat Fakultas, M. Mujtaba Habibi, S.Pd, M.AP, Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, Drs. Djoko Soelistijo, M.Si, Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum, Indah Wahyu Puji Utami, S.Pd., M.Pd, Neni Wahyuningtyas, M.Pd, Nanda Harda Pratama Meiji, M.A selaku Tim Penalaran Jurusan.

Diselenggarakan di Aula HOS Tjokro Aminoto Lantai 7 FIS UM, kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan dan sambutan oleh Wakil Dekan III FIS UM, Kegiatan ini diisi dengan presentasi secara acak dengan diundi oleh juri yang ditunjuk, masing- masing kelompok diberi waktu selama 10 menit untuk mempresentasikan power point yang telah dibuatnya untuk dijelaskan kepada juri mengenai progress PKM selama ini.

Banyak masukan dan kritikan yang diberikan kepada seluruh kelompok yang ada dengan tujuan agar menjadi lebih baik lagi baik dari cara penyampaian, materi dan lain-lainnya. Tak hanya masukan dan kritikan, juri juga memberikan pujian bagi kelompok yang menyajikan materinya dengan baik. Kegiatan ini berjalan hingga pukul 11.00 WIB dan diakhiri dengan pembacaan kesimpulan dari apa yang telah disampaikan oleh juri.