Pada hari Kamis tanggal 16 November 2017, HMJ Sejarah “JAS MERAH” Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) telah mengadakan kegiatan yang bernama Historical Day 2017. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan rasa cinta terhadap sejarah melalui kesenian, menumbuhkan kreatifitas dan skill mahasiswa dalam mempelajari sejarah, menjalin komunikasi dan kerjasama yang efektif tidak hanya dikalangan mahasiswa sejarah tapi juga dengan Fakultas Ilmu Sosial dan masih banyak lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di teras Gedung I1 FIS UM. Selama satu hari tersebut banyak kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan HISTORICAL DAY tersebut.  Kegiatan HISTORICAL DAY 2017 dimulai pada pukul 18.00 WIB dengan sambutan oleh Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum selaku Ketua Jurusan Sejarah FIS UM dan sambutan oleh ketua pelaksana kegiatan. Masuk pada kegiatan selanjutnya yaitu penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba yang telah dilakukan dihari sebelumnya. Untuk memeriahkan kegiatan tersebut dihadirkan pula beberapa penamilan kesenian seperti Pheromone Voice, Operet Nusantara, Band Laisos, Ferewell Autemn dan penampilan seni lainnya yang sangat menghibur.

Kegiatan HISTORICAL DAY 2017 ini ditutup pada pukul 22.00 WIB dengan penampilan Ciuk Crew dan doa sebagai rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan ini dengan cukup baik dan lancar.