Di awal tahun 2019 Fakultas Ilmu Sosial melantik  7 ORMAWA  yang memiliki total anggota 323 mahasiswa untuk satu tahun kepengurusan kedepan. Jumlah anggota ORMAWA FIS yang terus bertambah setiap tahun menandakan tingginya tingkat antusias mahasiswa untuk masuk dalam organisasi di Fakultas Ilmu Sosial. Karena banyaknya anggota ORMAWA FIS pada tahun ini maka diperlukan sebuah kegiatan bersama untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki antar sesama mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Oleh karena itu pada tanggal 22 – 23 Februari 2019 Fakultas Ilmu Sosial UM mengadakan kegiatan Malam Keakraban Kepengurusan Organisasi Mahasiswa FIS UM Periode 2019. Selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk menjalin rasa kekeluargaan seluruh mahasiswa khusunya mahasiswa anggota Ormawa FIS UM Periode 2018 dengan para Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial UM.

Hari Jum’at tanggal 22 Februari 2019 merupakan hari yang dinanti nanti para pengurus Ormawa FIS UM Periode 2019. Pukul 13.00 WIB para peserta kegiatan sudah mulai berkumpul di halaman sekitar FIS, berkumpul dengan antar pengurus Ormawa FIS UM. Pukul 13.30 WIB para peserta mengikuti arahan dari Ketua Pelaksana kegiatan, setelah itu mereka dipersilahkan untuk naik ke kendaraan yang telah ditentukan dan mulai berangkat menuju Dusun Sahabat Alam, Karang Ploso, Malang.

Waktu sudah menunjukan pukul 14.30 WIB, para peserta menuju tenda masing – masing dan bersiap – siap untuk mengikuti rangkaian kegiatan. Terlihat juga Wakil Dekan III FIS UM, Pembina Ormawa FIS UM Periode 2019, para Tenaga Kependidikan FIS UM.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd selaku Dekan FIS UM. Masuk pada kegiatan selanjutnya yaitu lomba-lomba antar Ormawa dan Ormawa dengan pihak Fakultas.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan Malam Keakraban, banyak hal hal yang dilakukan mulai dari perkenalan Dekanat FIS UM, Pembina Ormawa FIS UM Periode 2019, Kabag dan Kasubag di FIS UM, Para Tenaga Kependidikan FIS UM. Selain itu pada malam kearaban ini ada kegiatan sharing ormawa dengan para pegawai di FIS UM, banyak pertanyaan, kritikan, saran dan banyak lainnya yang dilontarkan, mulai dari keamanan untuk lebih ditingkatkan, PKM, dan lain – lain. Acara diakhiri dengan penampilan akustik.

Minggu tanggal 23 Februari 2019 pukul 05.00 WIB dengan berselimut kabut para peserta mulai beraktifitas untuk menunaikan sholat subuh dan membersihkan diri untuk mengikuti agenda kegiatan yang telah disusun panitia. Nampak wajah wajah ceria dari para peserta, mereka merasa sangat senang dan berterima kasih kepada pihak fakultas karena telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Setelah outbound mereka dipersilahkan untuk membersihkan diri mereka, makan siang dan mengikuti acara penutupan kegiatan ini. Pada pukul 12.00 WIB para peserta mulai menuju kendaraan dan kembali menuju ke Malang lagi.