Seiring perkembangan teknologi, inovasi di bidang pembelajaran menjadi hal yang tak terelakkan. Civitas akademika menjadi garda terdepan dalam merespon perubahan teknologi dengan memunculkan berbagai inovasi baru, salah satunya pada media pembelajaran. Hal inilah yang tampaknya ingin ditonjolkan oleh Departemen Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang melalui Gelar Karya Nasional 2023 pada 4 Mei lalu.

Sesuai dengan tema yang diusung, yakni “Eksplorasi Media Pembelajaran sebagai Stimulan Kesadaran Sejarah bagi Mahasiswa”, acara ini merupakan diseminasi dari berbagai inovasi dan perkembangan mutakhir dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kajian sejarah. Acara yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Sejarah ini disambut baik oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Ari Sapto, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau bahkan mendukung kegiatan tersebut dipertahankan sebagai agenda tahunan.

Selain Departemen Sejarah UM, sekitar 192 peserta dari berbagai Program Studi atau Departemen Sejarah di Indonesia juga ikut unjuk inovasi dan prestasi dalam acara ini. Sebut saja beberapa di antaranya Prodi Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Silampari Lubuklinggau Sumatera Selatan, Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya Jawa Timur, Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah, Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Kependidikan dan Ilmu Keguruan Universitas Riau, Prodi Sastra Inggris Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, dan Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Naufal Akbar, selaku ketua panitia, menyampaikan terima kasih kepada para panitia serta peserta yang telah turut meramaikan acara ini. Tak lupa juga apresiasi dan dukungan yang diberikan oleh beberapa media partner seperti Himpunan Mahasiswa Departemen Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya, Himpunan Mahasiswa Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dan Himpunan Mahasiswa Departemen Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Gelar Karya Nasional 2023 ini juga menjadi salah satu ajang lomba dengan beberapa juri yang berasal dari beberapa universitas, yakni Dinar Rizky Listya Putri, S.Pd., M.Pd., Dosen Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya selaku Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah, Ulfatun Nafi’ah, S.Pd., M.Pd. selaku pakar media pembelajaran, serta Moch. Nurfahrul Lukmanul K., S.Pd., M.Pd., selaku pembina HMD Sejarah FIS UM.

Selain menyuguhkan berbagai inovasi mutakhir dalam media pembelajaran sejarah, peserta juga dapat menikmati hiburan berupa penampilan musik dari Subversiv, grup musik mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.