Indikator kualitas sebuah institusi pendidikan dapat dilihat dari seberapa banyak mahasiswa yang terlibat dalam penulisan karya ilmiah. Salah satu indikatornya adalah peran serta mahasiswa dalam mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Untuk meningkatkan peran serta dan kualitas mahasiswa dalam mengikuti PKM, FIS mengadakan acara yang bertajuk SOSIALISASI DAN WORKSHOP PENULISAN PROPOSAL PKM. Pada kegiatan kali ini peserta yang mengikuti kegiatan dikhususkan bagi mahasiswa FIS UM yang menerima beasiswa KIP-K, terutama mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 berjumlah 350 mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi dan workshop dibuka oleh Koordinator TU FIS Waji, S.Sos, beliau mengharapkan setelah selesai acara ini minimal mahasiswa penerima KIP-K memiliki tema dan judul proposal yang akan diikutkan dalam kegiatan PKM tahun 2024. Penyampaian sosialisasi dan workshop materi PKM kali ini dengan model talkshow sehingga mahasiswa penerima KIP-K lebih antusias dalam mengikuti kegiatan. Pada sesi pertama sebagai pemateri adalah perwakilan mahasiswa dari PKM Center yang terdiri dari Khusnul Khotimah, Alfan Bramantya dan Ainiyatul Febri Mahiyah.

Dalam pemaparannya, perwakilan PKM Center menjelaskan tentang berbagai macam jenis PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa penerima KIP-K serta kiat-kiat peserta PKM untuk masuk ke PIMNAS. Diantara PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa adalah PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KI (Karya Inovatif), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-PI (Penerapan Iptek), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif), PKM-GFT (Gagasan Futuristik Tertulis) dan PKM-AI (Artikel Ilmiah). Sebagai pemateri kedua adalah Wakil Dekan I FIS yakni Dr. Siti Awaliyah, S.Pd., M.Hum yang memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk lebih berperan aktif dan berprestasi salah satunya melalui PKM.