Dalam rangka memperluas akses pengalaman mahasiswa dalam pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, diadakan forum penjajakan kerjasama pada tanggal 28 November 2023 di Ruang Sidang A8.102 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Forum ini memberikan kesempatan lebih luas bagi mahasiswa untuk melakukan praktik mata kuliah Departemen Hukum dan Kewarganegaraan. Acara ini dihadiri oleh Brigjen TNI (Mar) Raja Erjan HS Girsang, SC., MM., M.Sc selaku Kepala Biro Kerjasama dan Hukum Lemhannas RI, Kolonel (Mar) Dr. Agus Salim, SH., M. Sc.. PSC.,CIQnR., CIQaR. selaku Kabag Luar Negeri, Kolonel KaU Adang Sumpeno, SE., MM selaku Kabag Rengar, Kolonel (Mar) Kusyuwono, SH selaku Kabag Penerangan, dan Sulis, M.F., M.Sc selaku Koordinator Hukum. Tim dari LEMHANAS disambut dengan baik oleh Bapak Dr. Ari Sapto, M.Hum. selaku Dekan FIS UM, Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Dekan III, dan Dr. Deny Yudo Wahyudi, S.Pd, M.Hum selaku Wakil Dekan II FIS UM.

Kerjasama ini melibatkan kolaborasi untuk mendukung pengembangan pendidikan. Diharapkan bahwa dengan adanya sinergi dan kolaborasi dalam dunia pendidikan tinggi, akan tercipta inovasi yang lebih baik. Kerjasama ini tidak hanya terbatas pada bidang akademis, tetapi juga melibatkan kolaborasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, seminar, lokakarya, dan kegiatan yang berhubungan dengan mental kebangsaan. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan manfaat yang lebih dari sekadar aspek akademis, melainkan juga dari pengembangan keterampilan tambahan dan jaringan sosial yang lebih luas.

Para pimpinan baik dari pihak LEMHANNAS maupun Fakultas Ilmu Sosial menyatakan bahwa kerjasama ini akan menciptakan sinergi baru dan meningkatkan mutu pendidikan. Dampak positif yang lebih besar dalam dunia pendidikan dan membentuk pemimpin masa depan yang komprehensif dan berdaya saing tinggi.