Pada tanggal 5 Januari 2024, sebanyak 50 siswa aktivis dari SMAN 1 Sampang mengunjungi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang untuk mengikuti acara “Ngangsuh Kaweruh” di Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (FIS UM). Melalui acara ini, SMAN 1 Sampang memulai inisiatif untuk belajar kegiatan-kegiatan inspiratif dan bermanfaat untuk lingkungan serta masyarakat dari pengalaman BEM FIS UM.

Kunjungan siswa-siswi SMAN 1 Sampang disambut dengan baik oleh Bapak Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc., Ph.D selaku Wakil Dekan III FIS UM. Sesuai dengan tujuan awal kegiatan aktivis SMAN 1 Sampang untuk “Ngangsuh Kaweruh” di BEM FIS UM, dalam kegiatan ini siswa-siswi didampingi oleh Mahasiswa Departemen Hukum dan Kewarganegaraan yang bernama Fanani, selaku ketua BEM FIS periode 2023. Fanani memberikan presentasi dan melakukan diskusi mengenai berbagai topik yang relevan dengan kehidupan kampus, kepemimpinan, dan isu-isu aktual. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi SMAN 1 Sampang dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan mereka.

Fanani juga menjelaskan motivasinya menjadi aktivis di BEM FIS UM, mulai dari awal menjadi anggota hingga menjadi ketua BEM FIS UM. Melalui diskusi mengenai pengalaman inspiratif ini, diharapkan dapat menumbuhkan inisiatif yang dapat digunakan sebagai contoh positif bagi kolaborasi antar generasi dalam memajukan kegiatan-kegiatan akademik, pendidikan, dan kepemimpinan di lingkungan SMAN 1 Sampang.