Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) merupakan komitmen Universitas Negeri Malang untuk mencapai indikator kinerja lembaga dalam meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi yang salah satunya didukung melalui kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa.

Pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk semakin meningkatkan prestasi dirinya dan menciptakan budaya akademik yang lebih baik. Pedoman atau aturan penyelenggaraan telah disempurnakan mengikuti situasi dan kebutuhan saat ini. Pada tahun ini, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Malang mengangkat tema “Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)”.

Berdasarkan hal tersebut, fakultas Ilmu Sosial melaksanakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat fakultas tahun 2024. Pelaksanakan Pilmapres mengalami beberapa perubahan yaitu lebih mensinergikan asesmen berbagai kemampuan yang diduga akan diperlukan di kehidupan bermasyarakat. Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari berbagai aspek pengetahuan dan keterampilan teknis maupun keterampilan hidup diantaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan menemukan karakter unggulnya. Seleksi tingkat fakultas mengacu pada buku pedoman dan timeline yang telah disusun oleh panitia PILMAPRES universitas. Aspek yang perlu dipenuhi dalam seleksi tingkat fakultas diantaranya adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Karya Tulis berbentuk Gagasan Kreatif, Formulir Capaian Unggulan serta adanya tes Bahasa Inggris yang berbentuk tes tulis dan speaking (wawancara), serta aspek lain yang mendukung penilaian sebagai mahasiswa berprestasi.

Pilmapres tahun 2024 ini diikuti oleh sejumlah tiga belas mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dari berbagai departemen dan program studi. Seleksi Pilmapres di FIS dilaksanakan melalui bebrapa tahapan. Pada tanggal 24 Januari sampai dengan tanggal 6 Februari 2024 dilaksanakan tahap pendaftaran di fakultas. Pada tahap ini, mahasisawa mengumpulkan berkas-berkas persyaratan Pilmapres. Setelah itu, dilaksanakan seleksi berkas oleh panitia dari fakultas pada tanggal 7 – 8 Februari 2024. Bagi mahasiswa yang lolos seleksi berkas, maka akan dilakukan wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2024 secara daring.

Tahapan seleksi tersebut menghasilkan tiga pemenang yang untuk selanjutnya akan diajukan ke tingkat universitas. Pengumuman pemenang Pilmapres tingkat Fakultas Ilmu Sosial dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2024 dan diumumkan di sosial media FIS UM. Pemenang tersebut diantaranya adalah Devi Sintya Yuliastuty dari Hukum dan Kewarganegaraan, Nur Baiti Inas Shobiroh dari Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Iftitah Dian Qumairoh dari departemen Hukum dan Kewarganegaraan.