Universitas Negeri Malang (UM) terus memperkokoh hubungan kerjasama internasional dengan berbagai universitas ternama di dunia. Salah satu upaya terbaru dalam memperluas jaringan akademik dan penelitian dilakukan oleh dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM yang melakukan research exchange, World Class University Equity Program di International Research Institute of Disaster Science (IRIDES), Tohoku University, Jepang. Kegiatan ini berlangsung pada 6-15 Mei 2024 yang berfokus pada bidang kebencanaan, khususnya terkait dengan erupsi gunung api.

Dalam kegiatan research exchange ini, dosen FIS UM berkolaborasi dengan Prof. Dr. Osamu Murao, seorang ahli di bidang engineering yang juga menjabat sebagai Kepala International Strategy for Disaster Mitigation Lab sekaligus Presiden Institute of Social Science Safety Science di Tohoku University, Jepang. Salah satu fokus utama pada program research exchange ini adalah sharing penelitian terkait erupsi Gunung api Semeru di Indonesia dan penulisan sebuah artikel bersama dengan judul “The Role of Landform Mapping for Volcano Hazard Anticipation: Case Study Semeru Volcano, Indonesia.” Hasil penulisan artikel bersama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memahami dan mengantisipasi potensi bahaya erupsi gunung api.

Melalui program research exchange ini juga dilakukan diskusi kerjasama penelitian terkait proses pemulihan bencana di Indonesia yaitu Aceh, Banten, Yogyakarta, Lombok, dan Palu. Pada akhir rangkaian kegiatan program ini, Dosen FIS UM juga diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan survei lapangan di daerah bencana tsunami Jepang tahun 2011 untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang proses pemulihan bencana dan memperoleh lesson learned yang dapat diterapkan di Indonesia.

Menyikapi keberhasilan program ini, Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D selaku dosen dan peneliti sekaligus sebagai wakil dekan bidang penelitian, inovasi, kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat FIS UM menyatakan, “Dengan kegiatan research exchange ini, saya berharap bisa membuka kerjasama yang lebih erat antara UM dengan Tohoku University, yang merupakan universitas peringkat 1 di Jepang berdasarkan data THE Ranking tahun 2023”.

Sebagai tindak lanjut dari program kerjasama ini, Prof. Murao direncanakan akan melakukan kunjungan ke UM pada bulan Juli 2024. Kunjungan ini akan mencakup pertemuan kolaborasi dan menjadi pembicara utama dalam acara 4th International Conference on Geography and Education (ICGE). Hal ini diharapkan akan memperkuat hubungan antara kedua universitas serta membuka peluang kerjasama yang lebih luas di masa depan.